Minggu 13 November 2022, 12:45 WIB

15 Wakil Indonesia Siap Memburu Gelar di Australia Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
15 Wakil Indonesia Siap Memburu Gelar di Australia Terbuka 2022

ANTARA FOTO/M Risyal H
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito

 

TIM bulu tangkis Indonesia siap mengarungi perjalanan di Australia Terbuka 2022. Indonesia bakal diperkuat 15 wakil dengan rincian 11 wakil pelatnas dan 4 wakil non-pelatnas. Mereka akan bertarung di State Sports Center Sydney, pada 15-20 November.

Manajer tim pelatnas Indonesia Herli Djaenudin menyebut skuad pelatnas Cipayung saat ini telah tiba di Sydney, Australia. Para pemain dipastikan siap memburu gelar juara serta total hadiah sebesar US$180 ribu dalam turnamen BWF World Tour Super 300 itu.

"Para pemain siap tampil ke turnamen Australia Terbuka. Kondisinya juga baik, siap, dan sehat. Pemain yang baru pulang dari Eropa, sudah tidak jetlag lagi. Mereka akan tampil semaksimal mungkin untuk memburu gelar juara," kata Herli Djaenudin dalam keterangan PBSI, Minggu (13/11).

Di sektor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo bakal menjadi andalan Indonesia di Sydney. Mereka akan berjuang bersama Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dan Christian Adinata.

Sebenarnya Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga didaftarkan mengikuti turnamen di Negeri Kanguru. Namun, melihat poin rangking keduanya sudah aman untuk tampil ke BWF World Tour Finals di Guangzhou, Desember nanti, keduanya ditarik mundur.

"Keputusan ini juga untuk mengembalikan kondisi pemain. Jojo ditarik agar segera pulih dari cedera yang didapat di Prancis Terbuka. Sementara bagi Ginting, waktunya bisa dipakai untuk pemulihan dan fokus ke persiapan ke World Tour Finals," ucap pelatih tunggal putra, Irwansyah.

Meskipun tanpa Ginting dan Jojo, Irwansyah optimistis Vito dan Chico mampu bersaing dan unjuk kemampuan.

"Performa Vito dan Chico juga oke. Mereka kita andalkan untuk bisa bersaing dan unjuk kemampuan di Australia Terbuka nanti," ujar Irwansyah.

Baca juga: Petenis Rusia dan Belarusia Diizinkan Tampil di Australia Terbuka 2023

Selain Ginting dan Jojo, beberapa wakil Indonesia lainnya juga ditarik mundur yakni pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pasangan ganda putri Melani Mamahit/Tryola Nadia, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

Fajar/Rian, Ahsan/Hendra dan Rinov/Pitha ditarik karena posisinya sudah aman tampil ke BWF World Tour Final. Mereka bisa memanfaatkan waktu untuk persiapan ke kejuaraan penutup akhir tahun yang akan digelar di Guangzhou itu.

"Rencananya dulu, memang kalau Rinov/Pitha sudah lolos ke World Tour Final, akan ditarik dari Australia Terbuka," kata kepala pelatih ganda campuran Nova Widianto.

Sementara itu, pelatih kepala ganda putri Eng Hian menyebut Melani/Tryola ditarik mundur, dengan alasan Tryola sakit. Pada tunggal putri, Skuad Cipayung akan bertumpu pada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Menurut pelatih tunggal putri, Herli Djaenudin, setelah tampil menjanjikan di Hylo Open lalu, Gregoria kembali diharapkan bisa tampil konsisten di Sydney nanti.

"Saya harapkan, Gregoria bisa tampil konsisten lagi seperti di Hylo lalu. Semoga pula bisa tampil bagus," tukas Herli.

Adapun ke 15 wakil Indonesia yang bakal berlaga di Australia Terbuka yakni :

Tunggal Putra : Tommy Sugiarto, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay

Tunggal Putri : Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra : Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani

Ganda Putri : Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, dan Meilyas Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose.

Ganda Campuran : Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow, Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.(PBSI/OL-5)

Baca Juga

Antara

Rajawali Open Kesempatan Kedua untuk Deria Nur Haliza

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 November 2022, 23:32 WIB
Dalam aksinya di lapangan tenis The Sultan Hotel, Deria berhasil membuka laga pertama dengan kemenangan. Dia menang telak atas Beatrice...
Antara

12 Lifter RI Siap Bersaing untuk Kualifikasi Olimpiade Paris

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 November 2022, 17:42 WIB
Untuk mencapai Olimpiade Paris 2024, para lifter Indonesia harus melalui kualifikasi terlebih dulu. Setidaknya, ada 7 pertandingan...
AFP/Ben Stansall

Akan Kembali Saling Berhadapan, Fury Lupakan Pertemanan dengan Chisora

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 November 2022, 11:15 WIB
Kedua petinju, yang terakhir bertemu pada 2014, telah menjalin hubungan persahabatan selama beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya