Selasa 08 November 2022, 07:45 WIB

Lewis Hamilton Jadi Warga Negara Kehormatan Brasil

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Lewis Hamilton Jadi Warga Negara Kehormatan Brasil

AFP/EVARISTO SA
Pembalap Formula 1 Lewis Hamilton melambaikan tangan usai dinobatkan sebagai warga negara kehormatan Brasil.

 

BRASIL menetapkan pembalap Formula 1 Lewis Hamilton sebagai warga negara kehormatan, Senin (7/11), dalam sebuah upacara resmi di Kongres.

Pembalap berusia 37 tahun itu memiliki hubungan yang dekat dengan Brasil, negara asal pembalap idolanya, Ayrton Senna, dan tempat dia pertama kali merebut gelar Formula 1 pada 2008.

Mengenakan jas berwarna biru, Hamilton menerima sertifikat dan medali berwarna hijau-kuning bendera Brasil dari ketua majelis rendah Kongres Brasil, Arthur Lira.

Baca juga: Hamilton Mengaku Canggung dengan Cemoohan Penonton di GP Meksiko

"Juara Formula 1 tujuh kali, Hamilton, lahir di Inggris namun berjiwa Brasil," seru Lira yang disanbut gemuruh.

Hamilton, yang mengaku terhormat mendapatkan status itu, kemudian berbicara penuh emosi mengenai Senna, juara Formula 1 tiga kali, yang meninggal dunia karena kecelakaan di GP San Marino pada 1994.

"Saya mendedikasikan kehormatan ini untuk Ayrton Senna," ujar Hamilton.

"Ketika saya berusia 5 tahun, saya melihat Ayrton membalap untuk pertama kali dan momen itulah yang membuat saya ingin menjadi juara dunia, sama seperti dia," lanjut pembalap Mercedes itu.

Hamilton, yang sejak lama menyebut Brasil sebagai rumah keduanya, telah menjadi juara di GP Sao Paulo sebanyak tiga kali, pada 2016, 2018, dan 2021.

Namun, kenangan terhebat Hamilton di GP Sao Paulo adalah pada 2008 ketika dia menyalip Timo Glock di tikungan terakhir untuk finis di posisi kelima dan mengalahkan Felipe Massa untuk menjadi juara dunia Formula 1.

Hasil dramatis itu menjadikan Hamilton juara Formula 1 termuda sepanjang sejarah dan pembalap kulit hitam pertama yang menjadi juara dunia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Antara

Apriyani/Fadia Bertekad Tampil Maksimal di World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:27 WIB
Sepekan jelang pertandingan BWF World Tour Finals, Apriyani Rahayu/Siti Fadia mengaku belum memikirkan persaingan di ganda...
Antara

Pegolf Tanah Air Ingin Enjoy di Indonesian Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:20 WIB
Meski tak mematok target spesifik, sejumlah wakil Indonesia bertekad bisa mencatatkan hasil terbaik pada turnamen yang juga diikuti pegolf...
HO

IESF Bali 14Th WEC 2022 Akan Cetak Rekor Dunia

👤Widhoroso 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:14 WIB
IESF Bali 14th WEC 2022 akan menjadi ajang esports outdoor dengan jumlah peserta terbanyak di dunia yang akan masuk dalam Guiness Book of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya