Minggu 30 Oktober 2022, 21:00 WIB

IFG Labuan Bajo Marathon Perkuat Peluang Sport Tourism

Budi Ernanto | Olahraga
IFG Labuan Bajo Marathon Perkuat Peluang Sport Tourism

DOK IST
Para peserta IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

 

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 berhasil menggairahkan perekonomian di Labuan Bajo. Ini terlihat dari jumlah peserta yang turut berpartisipasi dalam ajang balap lari yang pertama kali di selenggarakan di Manggarai Barat, NTT. Di mana 1.200 pelari ambil bagian dalam acara tersebut.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengapresiasi acara yang disponsori oleh IFG tersebut. Harapannya acara IFG Labuan Bajo Marathon dapat mengakselerasi perekonomian masyarakat Manggarai Barat.

“Kementerian BUMN mengapresiasi IFG selaku sponsor utama IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang turut mendukung program pemerintah. IFG Labuan Bajo Marathon 2022 menjadi pionir ajang marathon berskala besar di Labuan Bajo, yang diharapkan bisa merebut perhatian wisatawan lokal dan mancanegara untuk menggairahkan pariwisata dan mengakselerasi perekonomian masyarakat,” katanya, Sabtu (29/10).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Manggarai Barat yang turut menyukseskan IFG Labuan Bajo Marathon. Terutama dukungan dari Pemerintah Provinsi NTT untuk kegiatan yang disebut sebagai marathon dengan rute paling menantang dengan pemandangan yang spektakuler atau the most challenging marathon route with the most beautiful scene.

“Melalui Program Bakti BUMN sebagai kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan IFG dan anggota holding, Kementerian BUMN mengapresiasi dan mendukung peningkatan pendidikan, lingkungan, perekonomian dan perkembangan usaha, khususnya pariwisata dan UMKM di NTT pada umumnya dan Labuan Bajo khususnya,” terang Tedi.

Baca juga: Kesehatan Mental adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Sementara Direktur Utama IFG, Robertus Billitea mengungkapkan, IFG sebagai sponsor utama penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon berharap berdampak pada  peningkatan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.

“Banyaknya peserta IFG Labuan Bajo Marathon kami harapkan dapat memacu perekonomian masyarakat setelah dua tahun pandemic Covid-19 melalui pembelian produk UMKM, okupansi hotel, persewaan kendaraan dan kuliner yang ada di Labuan Bajo,” ucapnya.

Lebih lanjut, Robertus Billitea berharap, tingginya keikutsertaan dari warga lokal bisa menumbuhkan potensi-potensi baru di cabang lari jarak menengah dan jarak jauh dari NTT. “Kami berharap ajang ini bisa menjadi sarana untuk menjaring bibit muda atletik dari NTT, yang bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional,” tambahnya.

Meskipun baru pertama kali digelar, “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” memperkuat  optimisme peluang sport tourism dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo. Pemerintah daerah juga berharap, ajang ini bisa dilakukan kembali tahun 2023. (R-3)

Baca Juga

Ist

Atlet Kayak Mancanegara dan Nasional Ramaikan Toba Caldera IAF 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:42 WIB
Kegiatan ini bukan sekadar perlombaan kayak biasa namun sebuah gerakan responsible tourism yang mengedepankan pengembangan masyarakat lokal...
Antara

Apriyani/Fadia Bertekad Tampil Maksimal di World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:27 WIB
Sepekan jelang pertandingan BWF World Tour Finals, Apriyani Rahayu/Siti Fadia mengaku belum memikirkan persaingan di ganda...
Antara

Pegolf Tanah Air Ingin Enjoy di Indonesian Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:20 WIB
Meski tak mematok target spesifik, sejumlah wakil Indonesia bertekad bisa mencatatkan hasil terbaik pada turnamen yang juga diikuti pegolf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya