Minggu 11 September 2022, 00:13 WIB

Indonesia Turunkan 42 Atlet di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Akmal Fauzi | Olahraga
Indonesia Turunkan 42 Atlet di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

ANTARA
Atlet panjat terbing Indonesia, Veddriq Leonardo.

 

INDONESIA menurunkan 42 atlet terbaik dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 yang akan digelar di Jakarta, 24-26 September. 197 atlet dari 27 negara yang akan berpartisipasi dalam kejuaraan panjat tebing yang rutin digelar setiap tahun itu.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid menjelaskan tahun ini Indonesia dipercaya Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) menjadi tuan rumah kejuaraan yang akan diselenggarakan di Lot 16-17 SCBD Park, Sudirman, Jakarta. Dari 42 atlet Tanah Air yang diturunkan, 22 atlet akan bersaing di nomor speed serta 20 atlet bersaing di nomor lead.

"Ajang ini merupakan rangkaian kompetisi, diadakan setiap tahun dan negara negara biasanya bersaing untuk mendapatkan hak jadi host. Tapi penyelenggara utama tetap federasi internasional. IFSC percaya Indonesia dan FPTI mampu menjadi tuan rumah event internasional, kami memiliki kapasitas dan pengalaman dalam menyiapkan event olahraga dunia," kata Yenny Wahid dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (10/9).

Yenny meyakini, Indonesia akan berprestasi di rumah sendiri. Apalagi, atlet Indonesia dalam beberapa tahun terakhir selalu meraih prestasi di kejuaraan tersebut. Tahun lalu, atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mencetak rekor dunia saat tampil di IFSC Boulder World Cup 2021 Amerika Serikat.

Saat itu, Veddriq mencetak rekor pada babak final ketika bersaing dengan sesama atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin dengan mencatatkan waktu 5,208 detik dan dinobatkan sebagai juara kategori men's speed. Juli lalu, Kiromal Katibin mempertajam rekor dunia atas namanya sendiri saat berlaga pada kompetisi internasional, IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, dengan torehan waktu 5,00 detik.

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta bisa disaksikan penonton secara gratis, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Yenny berharap, kehadiran penonton dapat menambah semangat atlet Indonesia untuk memberikan yang terbaik di ajang ini. (OL-15)

Baca Juga

MI/M. Iqbal Al Machmudi

Pegadaian Gelar Lomba Lari Pre Event Pegadaian Djakarta Coffee's Run 2023

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 22:25 WIB
PT Pegadaian (Persero) menggelar lomba Fun Run 5K di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu...
AFP/Lillian SUWANRUMPHA

Rebut Pole Position, Leclerc Berpeluang Besar Menang Di GP Singapura

👤Widhoroso 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:36 WIB
HASIL memuaskan didapat Charles Leclrec pada kualifikasi balap Formula 1 GP Singapura, Sabtu...
DOK ONE CHAMPIONSHIP

Jing Nan Pertahankan Gelar Juara Dunia Women’s Strawweight

👤Budi Ernanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:30 WIB
Mikey Musumeci menjadi juara dunia One Flyweight Submission Grappling pertama dengan kemenangan mutlak atas rival lamanya Cleber...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya