Rabu 17 Agustus 2022, 05:45 WIB

Egan Bernal Kembali Membalap Pascakecelakaan

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Egan Bernal Kembali Membalap Pascakecelakaan

AFP/Thomas Sjoerup / Ritzau Scanpix
Pembalap Kolombia Egan Bernal

 

JUARA Tour de France 2019 Egan Bernal kembali balapan sepeda di Tour of Denmark, Selasa (16/8), delapan bulan sejak ia mengalami kecelakaan serius saat latihan di Kolombia.

Menyusul evaluasi selama akhir pekan lalu, tim medis Ineos Granadiers memberi lampu hijau kepada sang pembalap Kolombia itu untuk berkompetisi lagi.

Bernal, yang juga menjuarai Giro d'Italia tahun lalu, sangat senang bisa kembali berjuang bersama rekan-rekannya di Denmark.

Baca juga: Bisa Kembali Bersepeda, Bernal Bahagia

"Setelah apa yang terjadi pada saya pada Januari, ini menjadi momen yang paling saya tunggu, membalap bersama rekan-rekan satu tim saya lagi," kata Bernal dikutip laman resmi tim.

"Delapan bulan terakhir sangat berat bagi saya, baik secara fisik maupun mental. Hari itu dan perjalanan yang saya lewati sejak itu menjadi bagian dari saya selamanya, ini sesuatu yang tidak bisa dilupakan," lanjutnya.

Bernal menabrak bus yang terparkir ketika ia sedang melaju dengan kecepatan 65 kilometer per jam saat menjalani latihan time trial,  Januari lalu.

Dia mengalami patah tulang belakang, tulang paha kanan, patela kanan, serta paru-paru yang tertusuk.

Bernal pernah mengatakan ia memiliki 95% peluang menjadi paraplegia tapi meninggalkan rumah sakit pada Februari dan kembali menunggangi sepedanya pada Maret.

Selama masa pemulihan, Bernal terbantu dengan banyaknya dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

"Sebagai manusia, kita sangat bergantung satu sama lain dalam masa-masa sulit, dan tahun ini adalah waktu yang sulit bagi saya, saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah hadir bagi saya," ungkap Bernal.

"Dukungan itu sangat berharga dalam memotivasi saya setiap hari untuk bekerja keras dan dapat kembali balapan. Kepada Anda semua, saya berterima kasih setulus-tulusnya," imbuhnya.

Wakil kepala tim Ineos Rod Ellingworth mengaku kagum dengan progres pemulihan Bernal.

"Ketika melihat kembali ke Egan delapan bulan lalu, progres yang ia buat luar biasa. Dia telah menunjukkan dunia kekuatan sebenarnya dari karakteristik dia, dan mendemonstrasikan keberanian yang luar biasa dalam menuju kembali ke kondisi siap balapan," kata Ellingworth.

"Kami masih dalam perjalanan dengan Egan, tapi menurunkan dia di Tour de Denmark adalah pencapaian yang penting dan yang diperoleh dengan susah payah," pungkasnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Eliud Kipchoge Pertajam Rekor Dunia di Berlin Marathon 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 00:08 WIB
Pelari Kenya Eliud Kipchoge mempertajam rekor dunia marathon dengan catatan waktu 2 jam 01 menit 9 detik untuk memenangi Berlin Marathon...
Twitter @marcmarquez93

Marc Marquez Bahagia Bisa Membalap Tanpa Rasa Sakit

👤Ant 🕔Minggu 25 September 2022, 23:12 WIB
Marquez bahkan tampil sensasional dengan mengamankan pole position pertamanya sejak GP Jepang...
AFP

Jack Miller Tercepat di Motegi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 25 September 2022, 22:05 WIB
Pencapaian ini menjadi kemenangan keempat kalinya bagi Miller di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya