Jumat 01 Juli 2022, 23:20 WIB

Indonesia Kalah Lagi dari Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia FIBA

mediaindonesia.com | Olahraga
Indonesia Kalah Lagi dari Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia FIBA

ANTARA/M Risyal Hidayat
Pebasket Timnas Indonesia Brandon Jawato (kiri) melewati hadangan pebasket Timnas Arab Saudi Nassir Abo Jallas (tengah).

 

INDONESIA kembali menelan kekalahan dari Arab Saudi setelah takluk 67-69 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (1/7).

Hasil itu menjadi kekalahan kelima Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 Grup C Zona Asia. Tim asuhan Rajko Toroman itu sebelumnya juga sudah dua kali kalah dari Lebanon, serta satu kali kalah dari Arab Saudi dan Yordania.

Vincent Rivaldi Kosasih mencetak angka terbanyak dalam gim malam ini dengan 15 poin, Andakara Prastawa menyumbang 12 poin, dan 10 poin masing-masing dari Agassi Yeshe Goantara dan Brandon Jawato.

Indonesia sejatinya mampu unggul pada paruh pertama pertandingan berkat pertahanan rapat Prastawa dan kawan-kawan saat kuarter pertama  dan kedua.


Baca juga: RI Targetkan Dua Kemenangan Fase Grup Piala FIBA Asia


Namun, permainan cepat Arab Saudi membuat kedudukan berbalik pada kuarter ketiga. Namun tim Merah Putih perlahan mampu menipiskan selisih poin di kuarter terakhir.
 
Bahkan pada tiga detik terakhir, Indonesia hanya tertinggal tiga angka dalam kedudukan 66-69. Unsportsmanlike foul yang dilakukan oleh Mohammed Almarwani memberikan keuntungan bagi Indonesia. Dua hadiah tembakan bebas pun sukses dieksekusi Agassi untuk menipiskan selisih angka menjadi dua poin saja.

Upaya tembakan tiga poin Brandon Jawato di sisa satu terakhir berhasil diblok oleh pemain Arab Saudi sekaligus menggagalkan Indonesia untuk meraih kemenangan perdana dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2023.

Dengan kekalahan itu maka peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia 2023 lewat jalur kualifikasi sudah tertutup.

Meski berstatus tuan rumah, Indonesia memang belum otomatis lolos ke Piala Dunia 2023. Indonesia masih bisa lolos, namun setidaknya harus menempati peringkat delapan dari 16 tim yang nantinya akan bermain di Piala Asia FIBA 2022 di Jakarta yang akan diselenggarakan 12-24 Juli mendatang. (Ant/S-2)

Baca Juga

Matthew Stockman/Getty Images/AFP

Rafael Nadal Absen Bela Tim Piala Davis Spanyol

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:09 WIB
Nadal, yang berusia 36 tahun, memenangi Australian Open dan French Open awal tahun ini untuk mencetak rekor kemenangan tunggal putra Grand...
Antara

Sektor Ganda Putra Tumpuan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 15 Agustus 2022, 17:31 WIB
Dengan perkembangan positif yang terus diukir sektor ganda putra, PP PBSI kembali menargetkan ganda putra untuk merebut gelar juara dalam...
DOK> PBESI

Piala Presiden Esports 2022 Diharapkan Munculkan Atlet yang Mampu Harumkan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ketua Harian PBESI Komjen (Pol) Bambang Sunarwibowo mengumumkan, babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya