Kamis 02 Juni 2022, 11:00 WIB

Peluang Toprak Tampil di MotoGP Musim Depan Tipis

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Peluang Toprak Tampil di MotoGP Musim Depan Tipis

AFP/Vincent Jannink / ANP
Pembalap tim Yamaha yang berlaga di WSBK Toprak Razgatlioglu.

 

JUARA dunia WSBK 2021 Toprak Razgatlioglu dipastikan masih harus menunggu lagi untuk pindah ke MotoGP. Kesempatannya untuk beralih tipis lantaran tim Yamaha MotoGP mengonfirmasi tIDak ada slot untuk tahun depan karena mereka hanya akan memiliki dua motor.

Tahun depan, slot untuk pembalap Yamaha berkurang lantaran tim RNF Racing, yang sebelumnya bekerja sama, berpaling menjadi tim satelit Aprilia Racing. Aprilia, akhir pekan lalu mengumumkan kesepakatan dengan RNF untuk 2023.

Toprak, yang membalap untuk tim Yamaha Pata di WSBK, digadang-gadang akan pindah ke MotoGP menyusul sesi tes motor M1 yang akan dijalaninya.

Baca juga: Fabio Di Giannantonio Rebut Pole Position di GP Italia

"Kami akan memiliki (hanya) dua motor di grid tahun depan. Seperti yang saya katakan, sampai sekarang kami selalu memiliki tim satelit. Tapi kenyataannya di paddock setiap tim sudah ada kontrak dengan pabrikan, jadi saat ini tidak ada alternatif," kata bos tim Yamaha Lin Jarvis.

Jarvis mengatakan tes M1 yang diberikan kepada Toprak memang didasari ketertarikan pembalap asal Turki itu untuk mencobanya. Itu juga menjadi semacam hadiah atas performanya yang apik di WSBK tahun lalu.

"Berita tentang tidak adanya tim satelit bagaimanapun berarti kami tidak memiliki tempat, titik. Kami hanya akan memiliki dua motor di tim pabrikan," imbuhnya.

Sementara itu, slot pembalap Yamaha di MotoGP tahun depan diperkirakan akan tetap sama. Franco Morbidelli, saat ini, sudah dalam kontrak hingga tahun depan. Sementara sang juara bertahan Fabio Quartararo dikabarkan semakin dekat untuk memperpanjang kontraknya di Yamaha.

Kemungkinan Toprak pindah ke MotoGP dengan tim lain peluangnya juga diperkirakan kecil. Hampir semua tim saat ini sudah memiliki kontrak dengan pembalap untuk tahun depan. Tim-tim lain juga diperkirakan akan lebih mempertimbangkan opsi pembalap MotoGP lainnya atau mempromosikan pembalap dari Moto-2. (Crash/OL-1)

Baca Juga

AFP/Clive Mason

Mercedes Tepis Rumor Ganti Hamilton Dengan Sergio Perez

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 15 Agustus 2022, 12:54 WIB
Prinsipal Mercedes Toto Wolff, membantah bahwa pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan pemabalap Formula 1 (F1) lain, termasuk Sergio...
AFP/Matthew Stockman/Getty Images

Tanggapi Pendukung yang Mengejeknya, Medvedev Membela Diri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:45 WIB
"Tidak benar ketika ada orang yang melontarkan kata-kata tidak pantas kepada Anda dan Anda hanya...
AFP/Vaughn Ridley/Getty Images

Halep Juarai Turnamen Masters 1000 di Kanada untuk Ketiga Kalinya

👤Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:01 WIB
Halep meraih kemenangan atas Haddad Maia dalam tempo dua jam dan 15...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya