Jumat 20 Mei 2022, 14:06 WIB

MXGP 2022 Siap Digelar di Sumbawa

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
MXGP 2022 Siap Digelar di Sumbawa

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kiri) dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah (kanan)

 

KEJUARAAN Dunia Motocross (MXGP) 2022 siap digelar di Indonesia, setelah dua tahun absen dari kalender MXGP. Indonesia kembali menjadi salah satu tuan rumah pada musim ini, tepatnya di Samota, Sumbawa, NTB, pada 24-26 Juni.

MXGP of Indonesia akan menjadi seri ke-12 dari Kejuaraan Dunia Motocross itu. Sejauh ini, MXGP telah melangsungkan delapan seri, dengan MXGP of Sardegna baru saja berlangsung akhir pekan lalu.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyebutkan setelah Lombok berhasil mengejutkan dunia lewat gelaran Moto-GP pada bulan Maret. Kini giliran Sumbawa yang akan kembali mengguncang dunia lewat MXGP 2022.

"Kenapa (MXGP of Indonesia) di Sumbawa? Sumbawa ini adalah pulau setelah Lombok. Karena kalau kita di Lombok positioning-nya adalah MotoGP, kita ingin Sumbawa juga bisa mengguncang dunia,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam konferensi pers MXGP of Indonesia di Jakarta, Kamis (19/5) malam.

"Kami juga ingin buktikan kalau kami berani menjadi host MXGP, NTB mampu menggelar MotoGP, WSBK dan MXGP, mestinya provinsi lain juga bisa. Ini semacam ‘wake up call’ buat kita sebagai bangsa, episentrum ekonomi, pergerakan visitor investment tidak boleh lagi hanya melihat Pulau Jawa. Indonesia itu luas." tegasnya.

Zulkieflimansyah menyebutkan, berkat gelaran Moto-GP di Lombok beberapa bulan lalu pergerakan ekonomi yang terjadi di Moto-GP mencapai Rp607,6 miliar. Dia pun berharap dengan gelaran MXGP pergerakan ekonomi di Sumbawa dapat meningkat.

"Kemarin menurut data BPS uang yang beredar disekitar Mandalika dan Lombok itu sebesar Rp607,6 miliar, itu besar sekali. Kita berharap pergerakan ekonomi ini juga dapat terjadi di Sumbawa," tuturnya.

Baca juga: Kisruh MXGP Semarang 2018 Berujung Damai

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo, yang turut hadir dalam konferensi pers, berharap MXGP di Samota nanti juga bisa sukses seperti WSBK dan MotoGP di Mandalika, Lombok.

"Gairah otomotif bangkit setelah seuksesan Moto-GP di Mandalika, tidak hanya olahraga, pertumbuhan juga terjadi di bidang ekonomi dan pariwisata," ucap Bamsoet, sapaanya.

"Hampir 1,6 miliar mata dunia tertuju kemarin ke Mandalika, tentu kita berharap nanti miliaran mata dunia tertuju ke Samota, Sumbawa. Saya ucapkan selamat kepada panitia, semoga persiapannya makin matang serta mencapai apa yang menjadi target," ungkapnya.

Adapun pada gelaran MXGP of Indonesia sebanyak 18 tim balap dijadwalkan akan beraksi di kelas utama, pembalap Tim Gajser yang saat ini berada dipuncak klasemen pembalap akan menunjukkan tajinya di Sumbawa.

MXGP of Indonesia menargetkan dihadiri 75.000 orang penonton selama 3 hari perhelatan. Tiket MXGP Indonesia ini akan dijual dengan berbagai pilihan dan akan dijual bebas mulai awal Juni.(OL-5)

Baca Juga

AFP/CARMEN JASPERSEN

Hurkacz akan Donasikan 100 Euro Per Ace di Wimbledon untuk Rakyat Ukraina

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:29 WIB
"Saya ingin mengumumkan, saya berjanji untuk menyumbangkan 100 euro pada setiap ace yang saya pukul di Wimbledon untuk membantu...
ANTARA/Hafidz Mubarak

MXGP Akan Jadi Agenda Kegiatan Nasional

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:34 WIB
MXGP akan menjadi kegiatan nasional setelah Superbike (WSBK) dan...
AFP/VINCENT JANNINK

Fabio Quartararo Sesali Insiden di GP Belanda

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:16 WIB
Fabio Quartararo gagal finis di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya