Rabu 27 April 2022, 17:40 WIB

Emilia Nova Ditunjuk Sebagai Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games

Akmal Fauzi | Olahraga
Emilia Nova Ditunjuk Sebagai Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games

Antara
Pelari gawang putri Emilia Nova saat berlatih di Stadion Madya, Kompleks GBK, Jakarta.

 

PELARI gawang, Emilia Nova, ditunjuk menjadi flag bearers atau pembawa bendera Merah Putih pada defile kontingen di acara pembukaan SEA Games Vietnam pada 13 Mei mendatang. 

Penunjukan Emilia menjadi sejarah, karena pertama kali perempuan menjadi pembawa bendera kontingan Indonesia selama SEA Games. Adapun pemilihan Emilia sebagai flag bearers Kontingen Indonesia pada SEA Games, dikarenakan rekam prestasi atlet kelahiran 20 Agustus 1995. 

Apalagi, multi-event dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara itu bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia pasca-cedera.

Baca juga: Kalahkan Momota di Kejuaraan Asia, Chico: Saya Belum Puas

“Kami memilih Emilia menjadi flag bearers Kontingen Indonesia. Dia berprestasi dan terpenting kami ingin membuktikan sangat concern dan mengedepakan gender equality,” ujar Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono, Rabu (27/4).

Emilia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Lalu, peraih medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas 2019 SEA Games Filipina.

Baca juga: Timnas Renang Targetkan Tujuh Medali Emas SEA Games Hanoi

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan. Terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

Sementara itu, Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games. “Saya tidak menyangka, karena banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba kok saya mendapat tawaran,” tutur Emilia.

Emilia menilai pemilihan dirinya menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di sektor olahraga Indonesia. Sebelum Emilia, Kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa, sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014 Incheon.(KOI/OL-11)

 

Baca Juga

AFP/SONNY TUMBELAKA

Rio Waida Raih Medali Perak di ISA World Surfing Games 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 06:00 WIB
Rio mendapatkan skor 14.04, terpaut 1.92 dari atlet Jepang Kanoa Igarashi, yang menutup pertandingan final dengan perolehan skor tertinggi...
AFP/Glyn KIRK

Djokovic Bawa Tim Eropa Memimpin di Piala Laver

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 05:04 WIB
Djokovic tidak memperlihatkan kecanggungan saat dia tampil untuk pertama kali sejak memenangkan gelar Wimbledonnya yang ketujuh, Juli...
AFP/Glyn KIRK

Fritz Kalahkan Norrie, Tim Dunia Samakan Kedudukan di Piala Laver

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 04:56 WIB
Fritz, yang berperingkat 12 dunia mengalahkan Norrie, yang berperingkat delapan dunia dengan skor 6-1, 4-6, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya