Minggu 27 Maret 2022, 10:50 WIB

Dua Tahun Berjuang, Fajar/Rian Capai Babak Final Swiss Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Dua Tahun Berjuang, Fajar/Rian Capai Babak Final Swiss Terbuka 2022

dok.Ant
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan rekannya Muhammad Rian Ardianto.

 

SETELAH dalam empat pertemuan sebelumnya tidak pernah menang, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya menemukan hari untuk revans terhadap pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia.

Adalah semi final turnamen bulutangkis Swiss Terbuka 2022 yang menjadi ajang ganasnya Fajar/Rian menyingkirkan unggulan kedua tersebut. Berlaga di St Jakobshalle, Basel hari Sabtu (26/3), Fajar/Rian menang 22-20, 13-21, 21-8.

Hasil ini juga memastikan, Fajar/Rian kembali ke final pertama kali setelah lebih dari dua tahun. Mereka terakhir kali menembus babak final adalah di Korea Terbuka medio September 2019.

"Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar dan tanpa cedera," kata Rian dalam keterangan PBSI yang diterima, Minggu (27/3).

"Rasanya pasti senang ya, setelah empat pertemuan kita belum pernah menang sama sekali jadi pas hari ini menang bisa menambah kepercayaan diri kita. Ini juga masuk final pertama setelah lama sekali," sambungnya.

Bermain menyerang dan sabar menjadi kunci kemenangan ganda putra peringkat sembilan dunia itu.

"Gim pertama kita lebih banyak mengadu di bola depan, kita berusaha untuk selalu menyerang lebih dulu. Di gim kedua di angka sembilan sama saya melakukan drive tapi menyangkut di net, setelah itu mereka berbalik percaya diri dan banyak menginisiasi serangan. Kita malah kehilangan fokus," terang Rian.

"Di gim ketiga kita coba menerapkan pola yang sama dengan gim pertama, kontrol bola depan dan terus ambil serangan. Pelatih juga selalu menginstruksikan dan mengingatkan kita untuk berani di bola depan dan siap defend-nya," tutur Rian lagi.

Walau menang, Fajar/Rian mengaku tidak mau terlalu larut dalam euforia dulu. Mereka langsung mengalihkan fokus ke laga final.

Adapun dilaga final Fajar/Ria akan berhadapan dengan wakil Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, dalam perjalanannya pasangan Malaysia itu berhasil menumbangkan ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dengan skor akhir 21-18 dan 21-18.

"Tugas belum selesai, kami mau fokus untuk laga final," ucap Rian.

Selain Fajar/Rian, Indonesia juga meloloskan wakil tunggal putra Jonatan Christie ke laga puncak setelah mengalahkan Kidambi Srikanth dari India dengan skor 18-21, 21-7, 21-13.

Sayangnya, langkah Anthony Sinisuka Ginting harus terhenti oleh wakil India Prannoy H S, 19-21, 21-19, 18-21. (PBSI/OL-13)

Baca Juga: Dua Wakil RI Siap Berlaga di Final Swiss Terbuka

 

Baca Juga

AFP/Minas Panagiotakis

Kyrgios Absen Perkuat Australia di Piala Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 15:45 WIB
Australia akan bertanding di Hamburg pada 13-18 September di Pool C bersama Jerman, Prancis, dan Belgia di babak penyisihan...
AFP/Maddie Meyer/Getty Images

Durant Bantah Berencana Pensiun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:25 WIB
Cicitan itu muncul hanya beberapa jam setelah beredar rumor bahwa pebasket berusia 33 tahun tersebut lebih memilih pensiun ketimbang...
AFP/Matthew Stockman/Getty Images

Iga Swiatek Mengaku Terlalu Malu Berbicara dengan Serena Williams

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:50 WIB
"Saya adalah seorang pemalu jadi saya menjadi bak anak TK saat berada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya