Selasa 22 Maret 2022, 06:15 WIB

Pengalaman Tampil di Olimpiade Buat Aflah Fadlan Siap Hadapi SEA Games Vietnam

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Pengalaman Tampil di Olimpiade Buat Aflah Fadlan Siap Hadapi SEA Games Vietnam

ANTARA/M Risyal Hidayat
Perenang Indonesia Aflah Fadlan Prawira

 

ATLET renang Indonesia Aflah Fadlan Prawira semakin percaya diri menghadapi SEA Games Vietnam, yang akan digelar Mei mendatang, berbekal pengalaman yang dia dapatkan saat mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 tahun lalu sebagai peraih wildcard.

Perenang berusia 25 tahun itu mengatakan keikutsertaannya di Olimpiade menjadi pengalaman berharga ketika dia dapat bertemu langsung dengan atlet-atlet renang dunia.

"Memang dari tanding-tanding sebelumnya kita sering ketemu cuma atmosfer Olimpiade memang beda karena panggung terbesar di dunia. Mudah-mudahan bisa diambil, seperti cara mereka dalam mempersiapkan pertandingan," ujar Fadlan ditemui usai Seleksi Nasional (Seleknas) Time Trial menuju SEA Games Vietnam di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, dikutip Rabu (16/3).

Baca juga: Tenis Meja Siapkan Atlet ke SEA Games

Tidak hanya cara mempersiapkan diri sebelum pertandingan, saat lomba dan sesudahnya, bahkan makanan yang dikonsumsi para atlet renang dunia juga menjadi pelajaran yang menurut Fadlan merupakan 'pengalaman yang tidak bisa dibayarkan dengan apapun'.

"Yang pasti itu menjadi salah satu bekal karena bisa menjadi Olimpian, karena itu perjuangan juga dan membawa saya percaya diri, mungkin bisa nularin ke junior-junior jadi inspirasi bagi mereka. Apa gunanya punya pengalaman pribadi selain buat disebar buat orang lain," kata Fadlan.

Sebagai kapten timnas renang, Fadlan mengatakan puas dengan performa waktu yang dicatatkan para perenang dalam Seleknas SEA Games yang telah dilakukan selama tiga hari, pada 10-12 Maret.

"Alhamdulillah hasilnya baik dan tim merasa puas dengan hasil yang kita dapat. Mudah-mudahan di sisa waktu dua bulan ini bisa kita maksimalkan yang masih kurang dan tampil di SEA Games dengan hasil yang maksimal," tuturnya.

Fadlan mengatakan perbaikan akan terus dilakukan, terlebih sejumlah nama senior yang telah berkali-kali tampil di SEA Games, termasuk I Gede Siman Sudartawa dan Glenn Victor Santoso, diharap mampu membuat tim menjadi lebih solid, sehingga dapat mencapai target emas yang telah ditentukan.

"Setiap big event multievent kita atlet ada target tersendiri, mudah-mudahan bisa saling menguatkan bisa saling keeping up di spirit," kata Fadlan, yang menyumbang medali perunggu di nomor 400 m gaya bebas putra pada SEA Games 2019 Filipina.

"Jadi, buat mengejar targetnya itu bersama-sama bukan hanya atletnya saja tapi pelatihnya juga, dari team manajer juga, dari PB-nya, jadi kita harap semuanya bersinergi jadi tampil di SEA Games nanti enggak usah mikir target jadi fight saja," ujarnya.

Dalam Seleknas time trial SEA Games Vietnam, Fadlan menduduki peringkat pertama untuk tiga nomor yang diikutinya, yakni 400 m gaya ganti perorangan putra, 400 m gaya bebas putra, dan 200m gaya ganti perorangan putra. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Kalahkan Persik Kediri, PSIS Kembali ke Jalur Kemenangan

👤 Akmal Fauzi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:37 WIB
Tekanan terus dilakukan tim asuhan Sergio Alexandre hingga pada akhirnya berbuah hasil pada menit ke-27 lewat gol Fredyan...
AFP

So Yeon Ryu Unggul di Putaran Pertama Simone Asia Pacific

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:23 WIB
Juara tiga kali tur LPGA itu berhasil menguasai klasemen di hari pertama Simone Asia Pacific Cup, setelah membukukan 65 pukulan atau tujuh...
ANTARA

Logo Piala Dunia U-20 Resmi Dirilis, Indonesia Matangkan Persiapan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:13 WIB
Zainudin berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya