Selasa 22 Maret 2022, 04:13 WIB

Dukung Invasi Rusia ke Ukraina, Pecatur Ini Diskors 6 Bulan

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Dukung Invasi Rusia ke Ukraina, Pecatur Ini Diskors 6 Bulan

AFP/KARIM JAAFAR
Pecatur Rusia Sergey Karjakin

 

GRANDMASTER Rusia Sergey Karjakin dikenai larangan kompetisi selama enam bulan karena pernyataan dukungannya terhadap invasi Rusia ke Ukraina. Hal itu dikatakan Federasi Catur Internasional (FIDE), Senin (21/3).

Pecatur berusia 32 tahun itu, yang menantang Magnus Carlsen untuk meraih gelar juara dunia 2016, membela aksi negaranya melalui media sosial, beberapa pekan ini, sehingga menuai kritik keras dari dunia catur.

"Sergey Karjakin dinyatakan bersalah melanggar pasal 2.2.10 Kode Etik FIDE dan dikenai sanksi larangan di seluruh dunia selama enam bulan untuk berpartisipasi sebagai pemain dalam kompetisi catur berperingkat FIDE, berlaku sejak tanggal diputuskan, 21 Maret 2022," kata induk organisasi catur sedunia itu dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: GM Utut Adianto Kembali Pimpin Percasi

"Pernyataan Sergey Karjakin mengenai konflik militer yang sedang berlangsung di Ukraina telah menyebabkan sejumlah besar reaksi di media sosial dan di tempat lain, sebagian besar negatif terhadap pendapat yang diungkapkan," lanjut FIDE

Karjakin, yang lahir di Krimea dan mewakili Ukraina hingga 2009, mengatakan, "Yang diperkirakan, tetapi tidak kalah memalukan dari FIDE. Semua pilihan olahraga telah diinjak-injak, prinsip dasar bahwa olahraga di luar politik telah diinjak-injak."

Larangan itu membuat partisipasi Karjakin di Candidate Tournament, yang dimulai pada 16 Juni, diragukan. Dia dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut dalam waktu 21 hari.

"Saya melakukan seleksi tersulit melalui Piala Dunia di Candidate Tournament. Menang di turnamen itu akan menempatkan saya dalam pertandingan untuk kejuaraan dunia. Sayangnya, FIDE mempermalukan diri mereka sendiri, bukan saya," tegas Karjakin di Telegram.

"Dan yang paling penting, pertama-tama saya adalah seorang patriot negara saya dan kedua saya adalah seorang atlet. Jika saya mengingat kembali situasi ketika saya mendukung presiden Rusia, rakyat, dan tentaranya, saya akan melakukan hal itu. Hal yang sama! Saya tidak menyesali apa pun," lanjutnya.

Grandmaster Rusia lainnya, Sergei Shipov, tidak dikenai sanksi atas komentarnya yang pro-Rusia karena FIDE memutuskan pernyataan itu, 'Karakternya sedikit berbeda dan kurang provokatif dibanding yang dilakukan Karjakin'.

FIDE, sebelumnya, mencopot tuan rumah Olimpiade Catur Moskow dan Kongres FIDE akhir tahun ini dan melarang pemain Rusia dan Belarus berkompetisi di turnamen di bawah bendera negara masing-masing.

Belarus telah menjadi area pementasan utama bagi pasukan Rusia saat menginvasi Ukraina. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Christophe ARCHAMBAULT / AFP

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:45 WIB
Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus...
AFP/Glyn KIRK

Serena Williams akan Awali Comeback di Wimbledon Kontra Pemain Nonunggulan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:30 WIB
Petenis Amerika Serikat (AS) berusia 40 tahun itu terhindar dari pertemuan melawan nama-nama besar dalam undian yang dilangsungkan Jumat...
AFP/ Ethan Mito/Clarkson Creative/Getty Images

Sixers Datangkan Melton dari Grizzlies

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:45 WIB
Sixers mendapatkan Melton, yang punya rata-rata kontribusi 10,8 poin bersama Grizzlies musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya