Senin 21 Maret 2022, 04:52 WIB

Leclerc Juara di GP Bahrain

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Leclerc Juara di GP Bahrain

AFP/Giuseppe CACACE
Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengangkat trofi juara di GP Bahrain.

 

CHARLES Leclerc mengawali musim baru Formula 1 2022 dengan gemilang, mengantarkan mobil Ferrari yang dikendarainya finis terdepan dan menjadi juara di balapan seri pembuka Grand Prix Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Minggu (20/3).

Pembalap asal Monako itu menyudahi paceklik yang dialaminya dan Ferrari dalam meraih kemenangan di balapan F1 sejak 2019 saat jadi yang terdepan di Grand Prix Italia.

Leclerc, yang memulai balapan dari posisi pole mampu menuntaskan 57 putaran lomba dengan catatan waktu satu jam 37 menit 33,584 detik.

Baca juga: Meski Sukses Raih Posisi Pole di GP Bahrain, Leclerc Mengaku belum Puas

Rekan setim Leclerc, Carlos Sainz, finis di urutan kedua dengan selisih waktu 5,598 detik untuk melengkapi dominasi Ferrari di dua tempat terdepan dalam balapan pembuka musim ini.

Keberhasilan Ferarri finis di dua terdepan tidak lepas dari nasib buruk Red Bull yang memaksa juara dunia Max Verstappen gagal menyelesaikan lomba saat balapan tinggal menyisakan tiga lap lagi dan hal serupa dialami pula oleh rekan setimnya Sergio Perez, yang tergelincir tepat di putaran terakhir.

Petaka Red Bull jadi durian runtuh bagi Mercedes, saat Lewis Hamilton finis untuk menempati podium ketiga dan rekan barunya George Russell berada di urutan keempat.

Verstappen, yang memulai balapan dari posisi kedua berusaha mengejar kepemimpinan Leclerc pada lap ke-15 memangkas jarak catatan waktu dari 3,5 detik menjadi 0,35 detik.

Hal itu memicu terjadinya persaingan ketat selama tiga putaran berikutnya hingga Leclerc menjauh lagi lantaran Verstappen mengalami kesulitan di Tikungan 1 Sirkuit Internasional Bahrain.

Rangkaian kedua para pembalap memasuki pitstop kembali diawali oleh Verstappen pada lap ke-31, tetapi kali ini Leclerc sudah memiliki keunggulan yang jauh lebih nyaman dan segalanya terjaga sampai juara dunia itu kembali ke pitstop pada lap ke-44.

Dua putaran berselang, pembalap AlphaTauri Pierre Gasly memaksa Safety Car keluar ke lintasan lantaran mobil tunggangannya berhenti dan terbakar. Kesempatan itu dimanfaatkan Leclerc untuk masuk ke pitstop lagi.

Ketika lap ke-51 bergulir, Leclerc semakin menjauh dari kejaran sementara Verstappen mulai mengalami kendala steering dan dibuat kesal oleh masalah daya di mobilnya.

Masalah Verstappen dimanfaatkan Sainz untuk mengambil alih posisi kedua pada lap ke-54, hal serupa juga dilakukan oleh Perez dan Hamilton yang menguntit di belakang, sementara sang juara dunia harus menepi lebih awal, gagal menyelesaikan lomba.

Hamilton, yang terus membayangi Perez mendapat keuntungan berikutnya ketika pembalap asal Meksiko itu mengalami masalah unit daya mobilnya seperti yang dirasakan rekan setimnya. 

Ironisnya, mobil Perez tergelincir di Tikungan 1 pada lap terakhir dan sama sekali menolak untuk dihidupkan, memberikan Hamilton tempat terakhir di podium.

Russell, yang memulai dari posisi kesembilan mampu memacu kendarannya dalam gerombolan pebalap papan tengah sebelum finis di urutan keempat berkat petaka Red Bull.

Sementara itu, pembalap Tiongkok Zhou Guanyou mampu menandai debutnya di F1 dengan finis di urutan ke-10 bersama mobil Alfa Romeo yang dikemudikannya.

Balapan selanjutnya dijadwalkan akhir pekan mendatang ketika para pembalap bertolak ke Arab Saudi dan mengaspal Sirkuit Coniche Jeddah, 25-27 Maret. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Atlet Junior Limitless Indonesia Taklukan Pantai Muaya Jimbaran, Bali,

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:12 WIB
Terdapat lima anak dalam naungan Limitless Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi Oceanman Bali...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta Gelar Balap Formula-e Dua Kali pada Tahun Depan

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 16:15 WIB
Adapun konfirmasi terakhir terkait pelaksanaan balapan dua hari atau tidak, akan dilakukan sebelum September...
AFP

Zhou Guanyu Puji Pelindung Halo Selamatkannya dari Kecelakaan Horor

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 04 Juli 2022, 16:00 WIB
Meski mobilnya remuk, pembalap asal Tiongkok itu dinyatakan tak mengalami cedera serius dan kondisinya baik-baik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya