Kamis 10 Maret 2022, 08:42 WIB

Indonesia Sisakan 5 Wakil di Babak 16 Besar Jerman Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Indonesia Sisakan 5 Wakil di Babak 16 Besar Jerman Terbuka 2022

dok.ant
Ilustrasi

 

TIM bulu tangkis Indonesia menyisakan lima wakil yang berhasil melaju ke babak 16 besar Jerman Terbuka 2022. Berjuang keras dalam pertarungan di babak pertama, hanya tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang terhenti di putaran pertama.

Tiga wakil Indonesia kompak memenangi pertandingan di hari kedua (9/3) pada babak 32 besar turnamen bulutangkis Jerman Terbuka 2022. Yakni, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra dan Jonatan Christie di tunggal putra.

Sebelumnya di hari pertama (8/3) dua wakil Indonesia juga berhasil lolos ke babak kedua yakni, Tunggal Putra Anthony Sinisuka Ginting dan ganda campuran Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Bertanding di Westenergie Sporthalle pada Rabu (9/3), Rinov/Pitha menang mudah 21-10, 21-6 atas wakil Selandia Baru Oliver Laydon-Davis/Anona Pak. Sedangkan Fajar/Rian harus menjalani laga lebih panjang sebelum menang 21-14, 9-21, 21-14 atas pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

Rinov/Pitha yang saat ini menjadi andalan nomor wahid di nomor ganda campuran pelatnas, mensyukuri hasil yang diraih.

"Alhamdulillah hari ini bisa menang, tadi lebih mencoba menyesuaikan pola bermain. Mencoba untuk masuk dulu dan tidak mati sendiri," ucap Pitha dalam keterangan PBSI, Kamis (10/3).

"Alhamdulillah kami bisa diberikan kemenangan. Dari segi permainan masih menyesuaikan lapangan, kondisi angin dan shuttlecocknya," sambung Rinov.

Tampil pertama kali di tahun 2022, yang mana terakhir kali pasangan peringkat 22 dunia itu melakoni pertarungan di Indonesia Open bulan November 2021 lalu, hal itu membuat Rinov/Pitha merasa sedikit tegang.

"Beban ada, tegang pun ada, normalnya mau pertandingan saja, cuma tidak mau terlalu dipikirkan. Lebih ke fokus sama pertandingannya," ungkap Pitha.

Di babak 16 besar yang dijadwalkan berlangsung Kamis (10/3), Rinov/Pitha akan bersua pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo yang secara mengejutkan berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang menjadi unggulan ketiga dengan skor 21-15, 21-19.

"Peluang (menang) ada, dan lebih percaya diri juga harusnya. Cuma tidak boleh over confidence juga. Semua lawan sama saja sih, yang beda dari kondisi kitanya bagaimana. Nah sekarang apapun keadaanya ya harus percaya diri karena kita latihan sudah capek," jelas Rinov.

"Peluang pasti ada, ya semua bisa terjadi di dalam lapangan, siapa yang lebih siap dia yang menang. Semoga besok bisa kasih yang terbaik," kata Pitha.

Berbeda dengan Rinov/Pitha, Fajar/Rian malah masih mencari-cari feel pertandingan di laga perdana mereka. Banyaknya melakukan kesalahan sendiri menjadi evaluasi jelang laga selanjutnya.

"Ya alhamdulillah menang, tapi mainnya masih tidak enak. Banyak sekali melakukan kesalahan sendiri," ungkap Fajar.

"Alhamdulillah hari ini pertandingannya lancar tanpa ada cedera sampai akhir. Untuk tadi bermain sih feeling mainnya masih belum enak, kita masih mencari cara supaya bisa lebih dapat feel mainnya dan mencoba adaptasi dengan shuttlecock dan lapangannya. Kemarin sudah enak pas latihan, tapi hari ini pas main yang paling terasa shuttlecocknya seperti beda dengan pas yang latihan," jelas Rian.

"Evaluasinya lebih fokus dari service. Harus lebih disiapin dan jangan ragu-ragu untuk pukulan sambungannya," tutup Rian.

Di sektor tunggal putra, Jonatan Christie memastikan tiket babak 16 besar usai mengalahkan wakil China Li Shi Feng dengan pertarungan rubber game 21-16, 18-21, dan 21-15.

Adapun kelima wakil Indonesia pada Kamis (10/3) waktu setempat akan memulai langkah mereka di babak 16 besar. Di Lapangan 1, Anthony Sinisuka Ginting akan membuka penampilan wakil Indonesia demgan menghadapi wakil India Lakshya Sen, sebelum kemudian dilanjutkan pertandingan antara Fajar/Rian menghadapi pasangan Tiongkok He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Di lapangan 2, Adnan/Mychelle akan tampil di partai terakhir di mana mereka akan berhadapan dengan pasangan Denmark Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby. Sementara itu di Lapangan 3, Rinov/Pitha akan terlebih dahulu menghadapi pasangan Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo, sebelum kemudian Jonatan Christie akan melakoni pertandingan melawan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn. (PBSI/OL-13)

Baca Juga: Tiga Wakil Indonesia Menang di Hari Kedua Jerman Terbuka

Baca Juga

Antara

Ikut Kompetisi FIBA, Timnas Basket U-18 Putri Langsung TC 

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:02 WIB
Mengingat, FIBA U-18 Women's Asian Championship 2022 di Bengaluru, India, tinggal berlangsung sebentar lagi, yakni pada 5-11...
AFP/EVGENIA NOVOZHENINA

Dokter Jelaskan Penanganan Pertama Kasus Cedera Olahraga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:18 WIB
Setelah peradangan berhasil diatasi, pasien dapat mulai menjalani program terapi selanjutnya untuk mengembalikan fungsi gerak dan...
AFP/Dylan Buell/Getty Images

Medvedev Melaju ke Putaran Kedua Cincinnati Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:25 WIB
Medvedev hanya membutuhkan waktu 1 jam 34 menit untuk merebut kemenangan dua set langsung 6-4 dan 7-5 atas Van de...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya