Selasa 11 Januari 2022, 04:50 WIB

Menang di Etape 8 Reli Dakar, Sunderland Kembali ke Puncak Klasemen

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Menang di Etape 8 Reli Dakar, Sunderland Kembali ke Puncak Klasemen

AFP/FRANCK FIFE
Aksi Sam Sunderland di Reli Dakar.

 

SAM Sunderland, Senin (10/1), memenangi etape 8 Reli Dakar kategori sepeda motor demi mengembalikan posisi pembalap tim GasGas itu ke puncak klasemen.

Pembalap Inggris itu juga memperlebar jaraknya setelah memimpin sejak checkpoint pertama hingga menjadi yang tercepat menyelesaikan special stage sejauh 395 km dari Al Dawadimi ke Wadi Ad Dawasir demi mengantongi keunggulan tiga menit 45 detik dari rival terdekatnya, pembalap tim KTM Matthias Walkner, yang hari ini harus puas finis ketiga.

Sementara Adrien Van Beveren, yang merasakan puncak klasemen selama semalam, tergeser ke peringkat tiga dengan jarak empat menit 43 detik.

Baca juga: Loeb Juara Etape 7 Reli Dakar, Al-Attiyah Masih Pimpin Klasemen

"Hari ini terdapat banyak medan yang berbeda. Sebagian besar berpasir kemudian banyak sekali navigasi yang sulit di antara ngarai dan tidak mudah memilih ngarai yang tepat," kata Sunderland dikutip laman resmi Dakar.

"Apabila Anda memilih ngarai yang berbeda, Anda akan tersesat tiga ratus atau empat ratus meter ke jalan yang salah. Anda harus berhati-hati memilih, mengecek arah dan jarak," kata Sunderland, yang mengaku terbantu dengan para pembalap terdepan yang membuka jalan hari ini.

Menjadi pemenang etape hari ini berarti Sunderland akan bertugas membuka jalan di hari kesembilan yang bakal menempuh rute melingkar di Wadi Ad Dawasir.

"Dengan kemenangan ini, Anda mendapat 'hukuman' untuk membuka etape pada hari berikutnya, tapi ini sama untuk semua orang dan pada saat yang sama, apabila Anda ingin memenangi balapan, saya rasa Anda harus memenangi etape," lanjutnya.

Pablo Quintanilla, di peringkat empat klasemen, memangkas jarak menjadi lima menit 30 detik berkat finis runner-up hari ini.

Pembalap lain dari tim Honda Joan Barreda di peringkat lima dengan selisih 14 menit 38 detik dari puncak ketika rekan satu timnya, Ricky Brabec finis keempat hari ini.

Juara bertahan dari tim KTM Kevin Benavides kehilangan 15 menit dari pemenang etape dan sementara ini menempati peringkat enam dengan selisih 14 menit 47 detik.

Rekan satu tim Benavides, Toby Price yang menjadi pembalap tercepat keenam hari ini kembali masuk ke sepuluh besar klasemen di peringkat sembilan, berjarak 32 menit dari puncak, sedangkan Brabec naik satu posisi ke P13. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Dilantik Jadi PNS, Ni Nengah Widiasih Berterima Kasih pada Presiden

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 07:00 WIB
Meski sudah dilantik menjadi PNS, atlet kelahiran Karangasem, Bali ini bertekad masih tetap menjadi atlet, untuk mengejar mimpi-mimpinya...
AFP/Alberto PIZZOLI

Popovici Pecahkan Rekor Dunia Renang Nomor 100 Meter Gaya Bebas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 05:46 WIB
Perenang berusia 17 tahun itu membukukan catatan waktu 46,86 detik, lebih cepat 0,05 detik dari rekor yang sebelumnya dicetak perenang...
AFP/Vaughn Ridley/Getty Images

Kalahkan Pegula, Halep Melaju ke Final Toronto Masters

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 05:38 WIB
Halep, yang dipastikan kembali masuk peringkat 10 besar dunia, butuh waktu 2 jam dan 15 menit untuk menundukkan Pegula, yang berperingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya