Kamis 06 Januari 2022, 10:30 WIB

Visa Ditolak, Novak Djokovic Batal Berlaga di Australia Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Visa Ditolak, Novak Djokovic Batal Berlaga di Australia Terbuka 2022

AFP
Otoritas Australia menolak visa petenis Serbia Novak Djokovic sehingga petenis no satu dunia itu batal ikut di Australia Open 2022.

 

PETENIS nomor satu dunia Novak Djokovic batal berlaga di Australia Terbuka 2022. Meski sudah mendapatkan pengecualian medis untuk vaksin covid-19 yang mana vaksinasi menjadi syarat wajib untuk berlaga di Australia Terbuka, Djokovic tetap tak bisa tampil karena visanya ditolak.

Petenis Serbia itu telah mendarat di Melbourne dari Dubai pada Rabu (5/1), setelah merayakan di media sosial bahwa ia memiliki pengecualian medis untuk bermain di Australia Terbuka, dan tetap menolak untuk mengungkapkan status vaksinasi covid-19 dirinya.

Setibanya di Melbourne, Djokovic ditahan di bandara dan tak bisa keluar karena dianggap tidak memenuhi persyaratan untuk masuk Australia. sebelum akhirnya visanya ditolak dan Djokovic diminta untuk meninggalkan Australia.

"Djokovic gagal memberikan bukti yang sesuai untuk memenuhi persyaratan masuk ke Australia, dan visanya kemudian dibatalkan," kata Australian Border Force dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Kamis (6/1).

"Non-warga negara yang tidak memiliki visa masuk yang sah atau yang visanya dibatalkan akan ditahan dan dikeluarkan dari Australia," tambahnya.

Baca Juga: Djokovic Dapat Dispensasi Vaksin, Warga Australia Murka

“Australian Border Force akan terus memastikan bahwa mereka yang tiba di perbatasan kami mematuhi undang-undang dan persyaratan masuk kami,” terangnya.

Menanggapi hal tesebut, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan peraturan adalah peraturan. dan peraturan tersebut dibuat untuk kepentingan masyarakat Australia dan melindungi masyarakat Australia dari covid-19.

"Visa Djokovic telah ditolak. Aturan tetaplah aturan, terutama jika menyangkut perbatasan kami," cuit Morrison di media sosial Twitter.

"Tidak ada seorang pun yang di atas aturan ini. Kebijakan perbatasan kami yang kuat sangat penting bagi Australia yang memiliki salah satu tingkat kematian covid-19 terendah di dunia, kami terus waspada," jelasnya.

Dengan Djokovic yang tidak diizinkan masuk ke Australia, misi petenis Serbia itu untuk merebut gelar grand slam ke-21 kalinya itupun sirna. Dengan absennya Djokovic tentu itu menjadi keuntungan bagi rival utamanya Rafael Nadal yang juga tengah mengincar gelar grand slam ke-21 kalinya.

Tak hanya Nadal, keuntungan itu juga berlaku bagi Finalis Australia 2021 Daniil Medvedev yang tengah mengincar gelar grand slam keduanya. Tahun lalu upaya petenis nomor dua dunia itu untuk meraih trofi Australia Terbuka digagalkan Djokovic di babak final. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Bos Australia terbuka Mengaku tidak Tahu Alasan Djokovic Dapat Dispensasi

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Buka Event Trail, Ganjar: Ajang Mengenalkan Pariwisata Jateng ke Dunia

👤Haryanto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:55 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melepas pembalap motor trail dalam acara Penobatan Raja Tanjakan dan Enduro Race di Cilacap, Jawa...
Maddie Meyer/Getty Images/AFP

Heat Paksa Celtics Lakoni Laga Penentuan Final Wilayah Timur NBA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 13:42 WIB
Jimmy Butler tampil sebagai pahlawan untuk Heat dalam pertandingan kali ini, pebasket berusia 32 tahun itu sukses mencetak 47 poin dan 9...
DOK/FORBES-MBSL

Forbes Indonesia-MBSL Bekerja Sama Gelar Golf Tournament 2022 untuk Amal

👤Media Indonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:20 WIB
MBSL dan Forbes Indonesia pernah bekerja sama menggelar turnamen golf yang berlangsung sukses pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya