Jumat 15 Oktober 2021, 20:49 WIB

Wapres: Sukses PON XX, Papua Mampu atasi 3 Tantangan Sekaligus

Theofilus Ifan Sucipto | Olahraga
Wapres: Sukses PON XX, Papua Mampu atasi 3 Tantangan Sekaligus

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Layar monitor menayangkan sambutan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menilai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung sukses. Ma'ruf optimistis Papua bakal semakin berkembang usai penyelenggaraan kompetisi olahraga empat tahunan itu.

"Sejarah akan mencatat PON yang untuk pertama kalinya di Bumi Cenderawasih berlangsung dengan sukses," kata Ma'ruf dalam penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, hari ini.

Ma'ruf mengaku bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi pemerintah daerah dan masyarakat Papua untuk menyukseskan PON XX Papua. Padahal, ada sejumlah tantangan yang sempat dihadapi.

Pertama, upaya membangun infrastruktur olahraga yang sangat masif. Pemerintah ingin bangunan itu memenuhi standar dan kualitas internasional. Kedua, lokasi penyelenggaraan yang tersebar di beberapa titik. Mulai dari Jayapura, Mimika, hingga Merauke.

Baca juga: PON XX Papua, Torang Bisa nyata dan Terbukti 

"Jarak antara satu venue dengan lainnya adalah yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini," papar Ma'ruf.

Tantangan ketiga, yakni penyelenggaraan di tengah pandemi covid-19. Sehingga perlu ada upaya ekstra dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Bagi saya ini PON tersulit yang bisa diselenggarakan tapi ternyata warga Papua tak hanya bisa menyelenggarakan, tapi terselenggara dengan sempurna," ujar Wapres.

Menurut Ma'ruf, keberhasilan PON XX Papua sejalan dengan semboyan yang diusung, yakni Torang Bisa atau kita bisa. Capaian itu juga menjadi bukti Papua bukan hanya sejajar dengan provinsi lain di Indonesia. "Tapi juga dari beberapa aspek justru jauh lebih unggul," ucap dia. (Medcom.id/OL-4)

Baca Juga

dok.Antara

PB HMI Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Menpora

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 16:24 WIB
PB HMI berkesimpulan Menpora Amali tidak memahami masalah keolahragaan sehingga blunder masalah WADA dan statement mengenai Piala...
Handout / Badminton Association of Indonesia / AFP

Kim So Yeong/Kong Hee Yong Raih Juara BWF World Tour Finals 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:25 WIB
Ganda putri asal 'Negeri Ginseng' ini menjegal laju duet Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Kim/Kong menang dengan skor 21-14,...
Mike Stobe/Getty Images/AFP

Bulls Tekuk Pemuncak Klasemen Wilayah Timur 111-107

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 05 Desember 2021, 14:03 WIB
Guard Bulls Zach LaVine tampil gemilang di hadapan penggemar Nets dengan mencetak 31 poin, 8 rebound, dan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya