Rabu 15 September 2021, 15:01 WIB

Anies Lepas Kontingen DKI Berlaga di PON XX Papua

Putri Anisa Yuliani | Olahraga
Anies Lepas Kontingen DKI Berlaga di PON XX Papua

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat Pelepasan Kotingen DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Rabu (15/9)

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis melepas keberangkatan Kontingen DKI Jakarta yang terdiri dari para atlet, pelatih, serta official menuju kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua, pada 2-15 Oktober 2021 mendatang, di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/9).

Anies mengatakan bahwa semangat untuk merebut kembali juara umum harus dibawa oleh kontingen DKI Jakarta, mengingat pada PON XIX Jabar 2016, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali. Padahal, pada kompetisi sebelumnya di Riau, Jakarta sukses meraih juara umum.

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya," ujar Anies dalam keterangan resmi, Rabu (15/9).

"Insya Allah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. Hal ini karena, DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum, dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," ucap Anies.

Lebih lanjut, Anies menyebut, potensi persiapan atlet DKI Jakarta telah matang, baik dari segi fisik dan mental. Sehingga, sangat besar harapan disematkan kepada para atlet, agar kembali meraih kejayaan pada PON di Papua nanti.

"Maka, izinkan saya menyampaikan bahwa ini bukan sekadar harapan dari pemerintah, tapi harapan kebanggaan dari seluruh warga Jakarta. Tolong titipkan di pundak Anda terkait harapan itu," katanya.

"Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda, lakukan yang terbaik, berikan sepenuh hati, sepenuh tenaga untuk bisa menang, sekaligus jaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga," jelas Anies.

Anies turut berpesan kepada seluruh atlet DKI Jakarta bahwa segala kebiasaan hidup disiplin harus dipertahankan. Hal ini dinilai akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan.

Ia juga berharap, para atlet bisa mengurangi komunikasi maupun aktivitas yang bisa mengganggu, dan harus meningkatkan konsentrasi pada setiap jadwal pertandingan.

"Dalam hal ini, kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus dan bisa mendapatkan hasil yang membanggakan," pungkas Anies.

Perlu diketahui, total jumlah atlet di DKI Jakarta yang akan mengikuti 37 cabang olahraga pada PON ke-20 Papua adalah sebanyak 735 orang. Jika ditambahkan dengan para official dan pelatih, jumlah total kontingen yang berangkat ke Papua berkisar 1.350 orang. (Put/OL-09)

Baca Juga

Twitter @INABadminton

Fajar/Rian Mengaku Masih Terus Beradaptasi dengan Lapangan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 September 2021, 05:15 WIB
Fajar/Rian membuka kemenangan Indonesia atas tim Kanada pada laga penyisihan kedua grup C. Mereka menundukkan BR Sankeerth/Nyl Yakura dalam...
Twitter @INABadminton

Ganda Campuran Jadi Penentu Kemenangan Indonesia Atas Kanada di Piala Sudirman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 September 2021, 04:14 WIB
Rinov/Pitha membuat pasangan BR Sankeerth/Crystal Lai takluk dalam dua gim dengan skor 21-14 dan...
Antara

PB Esport Indonesia Berencana Gelar Liga Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 00:05 WIB
Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) berencana untuk menggelar liga esport nasional sebagai salah satu upaya pengembangan bakat atlet...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Porsi Terbesar Operasi untuk Edukasi

Protokol kesehatan pun menjadi fokus Operasi Patuh Jaya 2021

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya