Kamis 02 September 2021, 13:25 WIB

Pembalap Kawakan F1 Kimi Raikkonen Pensiun Usai F1 2021

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Pembalap Kawakan F1 Kimi Raikkonen Pensiun Usai F1 2021

AFP
Mantan juara dunia Formula 1 (F1), Kimi Raikkonen mengumumkan akan pensiun dari olahraga jet darat tersebut pada akhir musim ini, Kamis (2/9

 

MANTAN juara dunia Formula 1 (F1), Kimi Raikkonen mengumumkan akan pensiun dari olahraga jet darat tersebut pada akhir musim ini.

Dia telah berkarir di F1 selama 20 tahun, pembalap asal Finlandia tim Alfa Romeo yang saat ini berusia 41 tahun itu mengatakan, sudah waktunya dia memulai hal-hal baru di luar F1.

"Ini akan menjadi musim terakhir saya di Formula 1," kata Raikkonen dalam sebuah pernyataan di akun Instagram pribadinya @kimimatiasraikkonen, Rabu (1/9) waktu setempat atau Kamis WIB (2/9).

"Ini adalah keputusan yang telah saya pikirkan selama musim dingin lalu. Ini bukan keputusan yang mudah tetapi setelah musim ini saya merasa sudah saatnya untuk memulai hal-hal baru," ujarnya.

Dalam perjalanan karirnya di F1 Raikkonen telah menjadi juara dunia pada F1 musim 2007 saat ia mengemudi untuk tim Ferrari, saat itu Raikkonen mengungguli pembalap F1 Fernando Alonso dan Lewis Hamilton dengan selisih satu poin.

Sepanjang karirnya Raikkonen juga telah merebut 21 kemenangan Grand Prix atas namanya, serta merebut 18 pole position dan 103 podium.

Raikkonen mengawali debutnya di F1 bersama tim Sauber pada tahun 2001, kesuksesannya terjadi saat dia bergabung bersama McLaren dengn memenangkan tujuh balapan pada musim 2005 dan finis di posisi kedua klasemen pembalap di belakang Alonso.

Pembalap Finlandia itu sempat meninggalkan F1 selama dua tahun pada 2010 dan 2011 di mama dia membalap di NASCAR dan kejuaraan reli dunia. Raikkonen kembali mengaspal di F1 saat membela tim Lotus pada 2012 sebelum kembali ke Ferrari dua tahun kemudian.

Kemenangan terakhir Raikkonen terjadi di Grand Prix Amerika Serikat pada 2018 lalu saat masih bersama Ferarri, bergabung bersama Alfa Romeo pada musim 2019 hingga saat ini dia belum menemukan performa terbaiknya.

Pada musim ini Raikkonen menduduki posisi 17 di klasemen pembalap dengan hanya mengumpulkan 2 poin dan masing-masing diraihnya saat melakoni balapan GP Monako dan GP Hongaria.

"Meskipun musim masih berjalan, saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya, semua tim saya, semua orang yang terlibat dalam karir balap saya, dan juga untuk para penggemar saya yang telah mendukung selama ini," ucap Raikkonen.

"F1 mungkin akan berakhir untuk saya, tetapi masih ada kehidupan lain di luar sana yang akan saya jalani dan saya nikmati. Sampai jumpa," tutupnya.

Hingga saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Raikkonen di tim Alfa Romeo untuk musim depan, namun sejumlah media mengaitkan Valtteri Bottas kemungkinan besar akan menggantikan posisi Raikkonen menyusul kontraknya dengan Mercedes yang akan segera berakhir. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Vinales akan Lakukan Debut untuk Aprilia di GP Aragon

Baca Juga

DOK.PERBASI

Timnas Basket Putri Persiapan SEA Games 2023 di Liga ASEAN

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 28 September 2022, 19:31 WIB
Liga untuk putri itu disetujui FIBA untuk digelar merespons permintaan atas minimnya kompetisi dan pamor jika dibandingkan dengan sektor...
ANTARA/Fikri Yusuf

Peselancar Rio Waida Pimpin Klasemen Challenger Series WSL

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:13 WIB
Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan...
DOK ONE CHAMPIONSHIP

One Fight Night 2 Janjikan Lahirnya Sejarah Baru

👤Budi Ernanto 🕔Rabu 28 September 2022, 18:22 WIB
Terdapat 10 laga yang akan tersaji dan setiap laga bisa berimplikasi besar pada peta persaingan selanjutnya di divisi dan disiplin olahraga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya