Kamis 12 Agustus 2021, 15:54 WIB

Mendikbudristek akan Buka Festival Catur BPK Penabur

Budi Ernanto | Olahraga
Mendikbudristek akan Buka Festival Catur BPK Penabur

DOK IST
Ilustrasi turnamen catur pelajar.

 

FESTIVAL Catur Pelajar Tingkat Nasional – BPK Penabur 2021 sudah akan mulai diselenggarakan secara daring pada 14-15 Agustus dengan didahului babak kualifikasi. Kemudian dilanjutkan babak final pada 21 Agustus.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menyambut baik acara tersebut dan menyatakan akan membuka Festival catur pelajar tersebut dalam acara Opening Ceremony Virtual pada Sabtu (14/8).

BPK Penabur selaku motor penggerak acara, bekerja sama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). Mereka telah menyelesaikan beberapa rangkaian acara sebelumnya yaitu coaching clinic dan trial turnamen yang bertujuan menambah pengetahun siswa baik dalam hal teknis catur maupun wawasan bertanding secara online.
 
Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto merespon sangat positif gelaran akbar tersebut. Dia juga memberi edukasi langsung kepada masyarakat melalui acara Talkshow saat ‘Opening Ceremony’ yang mengangkat tema Peran Catur dalam Membangun & Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa.

Sementara Dewan Pembina Percasi Eka Putra Wirya mengungkapkan bahwa proses regenerasi tidak boleh terputus. Pandemi tidak boleh menghentikan proses belajar. Oleh karena itu, sekalipun online punya keterbatasan namun metode dalam jaringan adalah salah satu solusi terbaik saat ini.

Baca juga: Kosteniuk Juara Piala Dunia Catur Putri 2021

“Sangat diharapkan melalui turnamen online lingkup nasional yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia tanpa kecuali ini, akan dapat menjaring pecatur-pecatur berbakat yang selama ini terkendala banyak hal untuk ‘ditangkap’ kemudian mendapatkan pembinaan yang lebih intensif,” ujar Eka dalam siaran persnya Kamis (12/8).
 
Jelang turnamen, Ketua panitia Budijanto Gunawan mengungkapkan juga bahwa saat ini sebanyak 1.217 pelajar yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia telah terdaftar sebagai peserta. Mereka juga telah melakukan trial turnamen pertama pada 10 Agustus yang dilanjutkan trial kedua pada 12 Agustus setelah pertemuan teknik.

Di waktu dan tempat terpisah, Ketua Umum BPK Penabur Adri Lazuardi mengatakan Indonesia membutuhkan generasi yang unggul untuk membangun bangsa, karakter menjadi pilar penting untuk bangsa yang kuat.

"Dan untuk mencapainya bisa dimulai dari hal yang sederhana, yaitu dengan mengasah kejujuran, sportivitas serta daya juang pantang menyerah yang kesemuanya ini dapat dipertajam melalui permainan catur. Mengacu pada pemikiran ini membuat BPK Penabur menjadi pelopor untuk memberdayakan dan mengembangkan catur di kalangan pelajar,” kata dia. (R-3)

Baca Juga

MI/Adi Maulana

Dua Tahun Absen karena Pandemi, Jakarta Marathon Kembali Digelar

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:45 WIB
Setelah dua tahun vakum karena pandemi covid-19, ajang lomba lari maraton pertama di Indonesia ini diharapkan bisa mengobati rindu para...
AFP/	Vaughn Ridley

Usai Tekuk Gauff, Halep Hadapi Pegula di Toronto Masters

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:57 WIB
Halep membutuhkan tiebreak set kedua untuk maju ke semifinal dalam waktu kurang dari dua jam, untuk bertemu unggulan ketujuh asal Amerika...
AFP/Vaughn Ridley

Williams akan Menghadapi Raducanu di Cincinnati Sebelum Pensiun

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:23 WIB
Mantan petenis nomor 1 dunia itu akan bertemu dengan juara bertahan AS Terbuka Emma...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya