Selasa 10 Agustus 2021, 12:46 WIB

Menpora Sebut Olimpiade Evaluasi Penyelenggaraan Olahraga di Indonesia

Ilham Ananditya | Olahraga
Menpora Sebut Olimpiade Evaluasi Penyelenggaraan Olahraga di Indonesia

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Menpora Zainudin Amali (tengah) menyambut kedatangan Kontingen Olimpiade Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menilai Olimpiade Tokyo 2020 menjadi evaluasi utama gelaran olahraga terutama untuk event multiajang skala internasional dengan mengalami banyak perubahan dalam bentuk penyelenggaraannya.

Hal itulah yang mendasari penyelenggaraan event-event olahraga Indonesia ke depannya, termasuk penyelenggaraan terdekat seperti PON XX Papua, awal Oktober, dan Liga 1 sepak bola, akhir Agustus, sebagai bentuk evaluasi dan pengalaman di Jepang.

“Pelajaran berharga dari penyelenggaraan Olimpiade akan kita jadikan sebagai bahan untuk pengalaman kita menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dalam negeri,” jelasnya.

Baca juga: Kontingen Olimpiade Italia Disambut Bak Pahlawan

Selain tentunya mengapresiasi para atlet dan seluruh komponen pendukung kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Pengalaman mereka tentunya menjadi bagian evaluasi menerapkan ukuran-ukuran prestasi di Olimpiade berdasarkan desain besar olahraga nasional (DBON). Dan perubahan paradigma menjadikan Olimpiade sebagai sasaran utama merupakan sesuatu yang baru.

Hal tersebut diambil sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan reviu total terhadap ekosistem pembinaaan olahraga nasional, maka mau tidak mau hal tersebut harus dilakukan.

“Memang mengagetkan, suatu perubahan yang sangat ekstrem. Namun jika ingin mengejar ketertinggalan prestasi olahraga kita. Maka jalan ini harus kita lalui, blue print, peta jalan ini harus kita lakukan dengan segala konsekuensinya,” ungkap Menpora Amali.

Menpora Amali juga mengungkapkan, DBON harus segera berjalan sebagai acuan untuk target di Olimpiade Paris 2024. (Kemenpora/OL-1)

Baca Juga

AFP/ADRIAN DENNIS

Quartararo Dituntut Tampil Sempurna di Austria

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:38 WIB
Kesalahan di Assen dan balapan yang berat di Silverstone membuat posisi Quartararo di puncka klasemen pembalap didekati para pembalap...
AFP/ LLUIS GENE

Lakers Bakal Pensiunkan Nomor Punggung 16 Milik Pau Gasol

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:23 WIB
Seremoni pemensiunan nomor punggung Gasol bakal dilangsungkan pada 23 Maret 2023, ketika Lakers menjamu Memphis Grizzlies di Crypto.com...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Medali Emas ISG Jadi Kado Manis Duet Pemanah Riau Ega/Rezza untuk HUT Kemerdekaan ke-77 Ri

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:14 WIB
Riau Ega/Rezza mempersembahkan medali emas sebagai kado kemerdekaan ke-77 RI setelah menang 5-1 atas wakil tuan rumah Yasemin Ecern...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya