Selasa 10 Agustus 2021, 05:21 WIB

Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Asal Rusia Diarak di Lapangan Merah

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Asal Rusia Diarak di Lapangan Merah

Twitter @@Olympic_Russia
Sejumlah atlet Rusia, yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020, berpose setelah diarak di Lapangan Merah, Moskow.

 

RUSIA mengarak para peraih medali Olimpiade Tokyo 2020 di Lapangan Merah di Moskow setelah Komite Olimpiade Rusia (ROC) meraih jumlah medali terbanyak sejak Olimpiade Athena 2004.

Rusia ambil bagian di Olimpiade Tokyo 2020 di bawah panji ROC tanpa bendera dan lagu kebangsaan akibat sanksi doping terhadap negara tersebut.

Para peraih medali emas Rusia hanya bisa mendengarkan musik gubahan komponis Pyotr Tchaikovsky sebagai pengganti lagu kebangsaan dan menyelimuti diri mereka dengan bendera putih berlambang ROC, tiga api dari tiga warna bendera Rusia dengan cincin Olimpiade di bawahnya ketimbang bendera Rusia.  

Baca juga: Pandemi Bikin Peta Kekuatan Negara Peserta Olimpiade Berubah

ROC menyatakan kontingen Rusia meraih sukses di Olimpiade Tokyo 2020 setelah membawa pulang total 71 medali, termasuk 20 medali emas.

Untuk menebus ketidakhadirannya di Tokyo, lagu kebangsaan negara itu dimainkan di Lapangan Merah saat para atlet merayakan sukses mereka dan para Olimpian diarak mengelilingi Moskow dengan bus terbuka.

"Setiap atlet dalam delegasi kita adalah pahlawan," kata Presiden Komite Olimpiade Rusia Stanislav Pozdnyakov, yang merupakan mantan pemain anggar Olimpiade, dari panggung yang didirikan di Lapangan Merah.

"Bahkan termasuk mereka yang tidak meraih medali," sambung dia.

Atlet Rusia yang berhasil pada Olimpiade Tokyo 2020 termasuk pesenam putra yang memenangkan emas beregu untuk pertama kalinya terjadi sejak
1996, perenang Evgeny Rylov yang meraih medali emas untuk nomor gaya punggung 100 meter dan 200 meter, dan atlet lompat tinggi putri Maria Lasitskene. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/ADRIAN DENNIS

Quartararo Dituntut Tampil Sempurna di Austria

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:38 WIB
Kesalahan di Assen dan balapan yang berat di Silverstone membuat posisi Quartararo di puncka klasemen pembalap didekati para pembalap...
AFP/ LLUIS GENE

Lakers Bakal Pensiunkan Nomor Punggung 16 Milik Pau Gasol

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:23 WIB
Seremoni pemensiunan nomor punggung Gasol bakal dilangsungkan pada 23 Maret 2023, ketika Lakers menjamu Memphis Grizzlies di Crypto.com...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Medali Emas ISG Jadi Kado Manis Duet Pemanah Riau Ega/Rezza untuk HUT Kemerdekaan ke-77 Ri

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:14 WIB
Riau Ega/Rezza mempersembahkan medali emas sebagai kado kemerdekaan ke-77 RI setelah menang 5-1 atas wakil tuan rumah Yasemin Ecern...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya