Minggu 01 Agustus 2021, 14:44 WIB

Greysia/Apryani jadi Peluang Emas Terakhir, Ginting Coba Rebut Perunggu

Ilham Ananditya | Olahraga
Greysia/Apryani jadi Peluang Emas Terakhir, Ginting Coba Rebut Perunggu

Antara
Ganda Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu, maju ke final

GANDA Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menjadi pasangan pertama ganda putri yang berhasil melangkah ke pertandingan final Olimpiade sejak cabang bulutangkis pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992.

Mereka akan melangsungkan pertandingan di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8) melawan pasangan China Qing Chen Chen dan Yi Fan Jia yang sebelumnya mendapatkan tiket ke final setelah memenangkan laga ketika berhadapan dengan pasangan Korea Selatan, Kim So Yeong/Hee Yong Kong.

Pada laga sebelumnya, Greysia/Apryani juga sama-sama berhasil mengalahkan ganda putri Korea Selatan unggulan keempat dunia, Lee Soo Hee/Shin Seung Chan dengan dramatis dalam straight game. Unggulan keenam asal Indonesia berhasil meraih skor 21-19 dan 21-17 serta berhak melangkah ke final.

“Saya masih belum percaya (dapat masuk final). Namun saya belum ingin puas lebih dulu, kami harus bermain untuk (merebut medali) emas.” tutur Apri usai pertandingan melawan pasangan Korea Selatan (31/7).

Sebelumnya ganda putri Indonesia sudah pernah bertemu unggulan ketiga dunia asal China dalam sembilan kali pertemuan. Namun Greysia/Apriyani hanya mampu menang tiga dari sembilan kali pertemuannya.

Greysia/Apriyani mampu menang dalam perempat final Kejuaraan Dunia 2018 dan 2019, serta semi final pada Prancis Terbuka 2017. Sementara harus kalah pada pertemuan terakhir kali mereka dalam fase penyisihan grup A Kejuaraan Tur Dunia 2019.

“Masih ada tugas yang harus kami selesaikan. Belum banyak yang bisa saya sampaikan, kami hanya memohon doa restu dan dukungan rakyat Indonesia di laga final. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik.” ucap Greysia.

“Kami ingin terus menjaga pikiran, menikmati gim agar bisa menunjang performa. Persiapannya adalah ketenangan agar dapat mengontrol permainan serta recovery diri.” tambah Greys.

Baca juga : Ginting Gagal Jaga Asa Emas di Tunggal Putra

Menjadi satu-satunya perwakilan terakhir nomor tunggal putra, Anthony Sukasini Ginting gagal menjaga asa emas setelah kandas di babak semifinal oleh pebulutangkis asal China, Chen Long dalam permainan straight game di Lapangan 1 Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu (1/8) siang.

Di laga semifinal yang berlangsung 56 menit melawan unggulan keenam, Anthony Ginting harus menyerah dalam permainan dua gim dengan skor akhir 16-21 dan 21-11.

Kini Anthony Ginting akan mempersiapkan diri menghadapi perwakilan Guatemala, Kevin Gordon untuk memperebutkan medali perunggu cabang bulutangkis nomor tunggal putra, Selasa (2/8) besok di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang.

Dalam catatan resminya, Ginting maupun Gordon belum pernah bertemu sebelumnya. Namun dalam pertandingan terakhir keduanya diluar laga Olimpiade Tokyo 2020, Ginting tidak mampu lolos dari penyisihan fase grup A, Kejuaraan Tur Dunia 2021 dan berada di peringkat kedua dengan hanya memenangkan satu pertandingan melawan Zii Jia Lee asal Malaysia.

Sementara itu Kevin Gordon mampu menang dalam tiga laga terakhir Kejuaraan Beregu Pan American 2020. Gordon yang status sebelumnya keluar sebagai juara Grup C, harus mengakui permainan Viktor Axelsen asal Denmark sebagai unggulan kedua dunia dalam laga semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Senin (1/8).

Selaku Ketua Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Rosan P Roeslani mengharapkan yang terbaik untuk pertandingan esok hari.

“Saya coba untuk hadir di semua cabang, melihat besok ada potensi medali dari cabang bulutangkis dan angkat besi. Mudah-mudahan bisa mencapai hasil yang terbaik.” tutur Rosan di Tokyo, Jepang saat dihubungi Media Indonesia, Senin (1/8) siang.

“Persiapannya kini tinggal memastikan atlet kita untuk sehat selalu dan menjaga semangat bertanding ke depan.” tambahnya.(PBSI/Olympics/OL-2)

 

Baca Juga

DOK Humas PB PON XX.

Puncak Kedatangan Kontingen PON XX Diprediksi 26-28 September

👤Marcel 🕔Senin 20 September 2021, 16:54 WIB
Sejumlah kontingen dari daerah lain juga telah datang terlebih dahulu dan akan terus berdatangan menuju empat klaster penyelenggara PON XX...
Ist

Taspen Group Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 15:14 WIB
Polis Asuransi Taspen Bright Life diberikan kepada Greysia Polii, Apriyani Rahayu, dan Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil meraih medali...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jelang Sudirman Cup, Kevin/Marcus Diminta Ubah Pola Pikir 

👤 Ilham Ananditya 🕔Senin 20 September 2021, 12:32 WIB
Herry Iman Pierngadi menyatakan, Kevin/Marcus harus melupakan kegagalan tersebut dan diminta untuk mengubah pola pikir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya