Senin 19 Juli 2021, 11:48 WIB

Dua Pertiga Warga Jepang Ragu Olimpiade Bisa digelar dengan Aman

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Dua Pertiga Warga Jepang Ragu Olimpiade Bisa digelar dengan Aman

AFP/Philip FONG
Cincin Olimpiade terlihat di depan Stadion Nasional Tokyo.

DUA pertiga warga di Jepang tidak percaya negara tersebut dapat menjadi tuan rumah Olimpiade yang aman dan terjamin di tengah pandemi covid-19. Hal itu terungkap dalam sebuah survei yang diterbitkan surat kabar Asahi, hanya empat hari sebelum upacara pembukaan acara olahraga multievent dunia itu di Tokyo.

Dalam survei tersebut, sebanyak 68% responden menyatakan keraguaan mereka tentang kemampuan penyelenggara Olimpiade untuk mengendalikan kasus covid-19, dengan 55% mengatakan mereka menentang Olimpiade yang akan berlangsung.

Sementara, tiga perempat dari 1.444 orang dalam survei telepon itu mengatakan mereka setuju dengan keputusan menggelar Olimpiade tanpa
penonton.

Baca juga: Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, Staf Olimpiade Tokyo Ditangkap

Seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 di Tokyo, yang memaksa pemerintah membuat kebijakan darurat covid-19 keempat, kekhawatiran masyarakat meningkat terhadap penyelenggaraan acara yang membawa puluhan ribu atlet, ofisial, dan jurnalis luar negeri ke ibu kota Jepang itu.

Panitia Penyelenggara Olimpiade, Minggu (18/7), melaporkan kasus covid-19 pertama di antara para atlet di Kampung Atlet Olimpiade di Tokyo, sehingga jumlah total kasus yang terkait dengan Olimpiade menjadi sedikinya 10.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach berharap publik Jepang dapat mendukung Olimpiade begitu pertandingan dimulai dan ketika atlet Jepang mulai memenangkan medali. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Vincenzo PINTO

Eko Yuli Irawan Ingatkan Atlet untuk Kelola Keuangan

👤 Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:03 WIB
Lelaki berusia 32 tahun ini mengungkapkan, selama hidup, ia selalu berusaha menghindari sistem pembayaran kredit untuk berbagai...
AFP/Loic VENANCE

Yosozumi Sabet Medali Emas Skateboard Park Putri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:52 WIB
Ini adalah emas ketiga Jepang dari skateboard setelah Yuto Horigome yang meraih emas street putra dan Momiji Nishiya yang menyabet medali...
AFP/Mohd RASFAN

Lifter Transgender Putuskan Pensiun Selepas Olimpiade Tokyo 2020

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:37 WIB
Meski penampilannya di Olimpiade hanya singkat, Hubard menuai pujian dari komunitas transgender karena mencetak sejarah bagi kelompok...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya