Selasa 13 Juli 2021, 09:00 WIB

Irene dan Medina Menang di Hari Pertama Piala Dunia Catur Putri

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Irene dan Medina Menang di Hari Pertama Piala Dunia Catur Putri

MI/Sumaryanto
IM Irene Kharisma Sukandar

 

DUA pecatur putri terbaik Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360), sukses membukukan kemenangan saat mengawali langkah mereka di Piala Dunia Catur Putri 2021 di Sochi, Rusia, Senin (12/7) waktu setempat.

Irene, yang memegang buah hitam, berhasil mengalahkan pecatur Cile WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) pada langkah ke-33. Sedangkan Medina, yang mengendalikan buah putih, menang atas pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321) dalam permainan 54 langkah.

Kemenangan Irene sebelumnya memang sudah diperkirakan mengingat ia sangat diunggulkan berdasarkan status gelar dan nilai elo rating yang berada di atas lawannya.

Baca juga: Louvre Basketball Club Resmi Diakuisisi Dewa United

Seperti disiarkan langsung Chess.com, Irene tampil tenang dalam permainan Italia dengan memainkan pembukaan gajah modern untuk menjawab langkah dua kuda Gomez.

Sementara itu, Medina berhasil memanfaatkan keuntungan memegang buah putih atas lawannya asal Jerman yang dari sisi elo rating relatif seimbang.

Dalam permainan Giuco Piano nan klasik itu, Medina menghentikan perlawanan Scheneider dalam 54 langkah. Saat lawannya menyerah, Medina
unggul satu perwira (Benteng).

Dengan kemenangan di gim pertama itu, baik Irene maupun Medina, tinggal membutuhkan hasil remis pada gim kedua untuk maju ke babak selanjutnya.

Format pertandingan sendiri adalah dua babak catur klasik pada dua hari pertama, ditambah tie-break pada hari ketiga jika di dua pertandingan awal terjadi hasil imbang. Pecatur yang kalah langsung gugur dan pemenang maju ke babak berikutnya.

Irene tampil di Piala Dunia 2021 melalui jalur wildcard, sedangkan Medina lolos setelah menjuarai Kejuaraan Catur Asia Timur Jauh Zona 3.3 di Ulaanbaatar, Mongolia, April 2019.

Sementara itu di kategori umum Piala Dunia Catur 2021, dua wakil Indonesia gagal membukukan kemenangan. GM Susanto Megaranto (2550), yang memegang buah hitam bermain remis dengan juara nasional 13 kali Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547).

Adapun IM Mohamad Ervan (2356) harus mengakui keunggulan pecatur remaja Uzbekistan GM Nodirbek Abdusattorov (2634). (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/ADRIAN DENNIS

Quartararo Dituntut Tampil Sempurna di Austria

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:38 WIB
Kesalahan di Assen dan balapan yang berat di Silverstone membuat posisi Quartararo di puncka klasemen pembalap didekati para pembalap...
AFP/ LLUIS GENE

Lakers Bakal Pensiunkan Nomor Punggung 16 Milik Pau Gasol

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:23 WIB
Seremoni pemensiunan nomor punggung Gasol bakal dilangsungkan pada 23 Maret 2023, ketika Lakers menjamu Memphis Grizzlies di Crypto.com...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Medali Emas ISG Jadi Kado Manis Duet Pemanah Riau Ega/Rezza untuk HUT Kemerdekaan ke-77 Ri

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:14 WIB
Riau Ega/Rezza mempersembahkan medali emas sebagai kado kemerdekaan ke-77 RI setelah menang 5-1 atas wakil tuan rumah Yasemin Ecern...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya