Minggu 30 Mei 2021, 11:14 WIB

Indonesia Tambah Satu Wakil ke Piala Dunia Catur 2021

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Indonesia Tambah Satu Wakil ke Piala Dunia Catur 2021

MI/PB Percasi
IM Mohamad Ervan

 

INDONESIA menambah satu wakil ke Piala Dunia 2021 yang akan berlangsung di Sochi, Rusia, 10 Juli sampai dengan 3 Agustus mendatang, melalui Master Internasional (IM) Mohamad Ervan yang memiliki ELO rating 2365.

Pecatur berusia 29 tahun tersebut mendapat tiket melalui kejuaraan virtual Asian Continental Hybrid Chess Championship yang berlangsung 19-29 Mei. Hal itu diungkapkan PB Percasi lewat keterangan resmi, Sabtu (29/5).

Dalam babak terakhir yang dimainkan Sabtu (29/5), Ervan menahan remis Grandmaster (GM) Lu Shanglei (2615) dari Tiongkok untuk mencatatkan total poin 6,5 dari sembilan babak dan finis di peringkat keenam klasemen.

Baca juga: Federasi Panjang Tebing Berterima Kasih Atas Dukungan Menpora

Posisi Ervan itu cukup aman karena kejuaraan tersebut hanya meloloskan pecatur berperingkat satu hingga tujuh ke Piala Dunia.

GM Shamsidin Vokhidov (2529) dari Uzbekistan berhasil keluar sebagai juara dengan mengumpulkan tujuh poin. Vokhidov unggul tiebreak dari pecatur Singapura, IM Jingyao Tin, di peringkat dua dengan poin yang sama.

Asian Continental Hybrid Chess Championship diikuti 82 pecatur dari 15 negara Asia serta Australia.

Indonesia mengirimkan sembilan pecatur di kejuaraan itu dengan tujuh di antaranya adalah pecatur yang sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Catur menghadapi SEA Games 2021 Vietnam.

Selain Ervan, Indonesia sebelumnya telah meloloskan tiga pecatur lain ke Piala Dunia Catur 2021, yaitu GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, dan WGM Medina Warda Aulia.

Ervan, yang sedang menjalani Pelatnas, tampil cukup stabil dan meyakinkan selama sembilan babak. Dari lima Grandmaster yang dihadapinya, Ervan mampu mencetak angka imbang dengan dua kali menang, sekali seri, dan dua kali kalah.

Dua GM yang dikalahkannya adalah GM Lei Tingjie (2505) dari Tiongkok dan GM Jakhongir Vakhidov (2533) dari Uzbekistan. Sekali seri didapat dari GM Lu Sanglei (2615) dari Tiongkok. Sementara dua kekalahan dialami dari Grandmaster Uzbekistan GM Javokhir Sindarov (2544) dan GM Nodirbek Yakubboev (2605). (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Tim Catur Putra Indonesia Kandas di Olimpiade Catur 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:02 WIB
Dalam pertandingan, pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto kalah di tangan juara dunia Magnus...
Ist/Kemenpora

ASEAN Para Games Solo 2022 Berakhir, Kamboja Siap Jadi Tuan Rumah 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:11 WIB
Kamboja akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara atau ASEAN Para Games pada...
Ist/Kemenpora

Menpora Amali: Indonesia Cetak Sejarah ASEAN Para Games dalam Raihan Medali

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:01 WIB
Menpora Zainudin Amali menyebut perolehan medali emas kontingen Merah-Putih terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya