Senin 25 Januari 2021, 19:39 WIB

Jadi Ketum PB PASI, Luhut Janji Cetak Atlet Atletik Terhormat

Insi Nantika Jelita | Olahraga
Jadi Ketum PB PASI, Luhut Janji Cetak Atlet Atletik Terhormat

MI/SUSANTO
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

MENTERI Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) 2021-2025 pada Senin (25/1).

Dia berpendapat bahwa PASI harus tetap dikelola dengan baik, agar menjadi organisasi olahraga yang membantu pemerintah dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul di bidangnya.

Baca juga: Motor dan Tim yang Baik Jaminan Tampil Kompetitif di MotoGP 2021

"PASI harus berupaya memenuhi harapan masyarakat agar atlet-atlet atletik Indonesia mampu menempati posisi terhormat di tingkat regional dan internasional," ungkap Luhut dalam keterangan pidatonya yang dikutip Media Indonesia, (25/1).

Dia berujar, rencana pembinaan atletik akan dituangkan ke dalam sebuah rencana kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Luhut menyadari, dampak pandemi covid-19, membuat kompetisi-kompetisi di tingkat nasional, regional, maupun internasional mengalami penundaan bahkan pembatalan. Akibatnya, ada beban psikologis yang dialami para atlet karena dianggap berlatih tanpa target yang jelas.

"Saya akan melakukan pendekatan agar mental mereka tidak terganggu dan semangat berlatih tetap tinggi. Saya juga berharap para pelatih menjadi kreatif dalam masa kekosongan kompetisi ini," jelas Luhut.

Dia menambahkam, dalam bidang pembinaan prestasi, pendataan kualifikasi pelatih dan atlet, perlu dilakukan dengan tujuan struktur pemusatan latihan nasional dan daerah menjadi lebih baik dan terarah.

Dukungan ilmu atau disiplin-disiplin dari luar lapangan, ungkap Luhut, akan semakin diperkuat dengan melibatkan tenaga-tenaga yang kompeten.

"Atlet-atlet atletik Indonesia harus bisa meningkatkan skor dan overall rankingnya di World Athletics. Atlet kini lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya," tandas Luhut. (OL-6)
 

Baca Juga

Dok. Masyarakat Basket Indonesia

Manusia Basket Indonesia Sebarkan Virus Cinta Basket di Indonesia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 02 Maret 2021, 04:35 WIB
Kepopuleran olahraga ciptaan James Naismith ini semakin terdongkrak karena mulai banyaknya komunitas-komunitas basket yang ada, baik dari...
William WEST / AFP

Djokovic Samai Rekor Roger Federer

👤Antara 🕔Senin 01 Maret 2021, 23:02 WIB
Gelar Australian Open kesembilan yang disabet Djokovic bulan lalu menjadi jaminan untuk mengamankan peringkatnya dan akan melampaui rekor...
AFP

Tandem dengan Rossi, Morbidelli Menantikan Musim Mendatang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 20:50 WIB
Franco Morbidelli merupakan jebolan akademi VR46 yang didirikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya