Minggu 17 Januari 2021, 13:12 WIB

Ada Kasus Covid-19 di Pesawat, 47 Peserta Australia Terbuka Isoman

Rifaldi Putra | Olahraga
Ada Kasus Covid-19 di Pesawat, 47 Peserta Australia Terbuka Isoman

AFP/ MARTIN BUREAU
Petenis Victoria Azarenka

SEBANYAK 47 petenis peserta Australia Terbuka 2021 diharuskan melakukan isolasi mandiri di hotel Melbourne, Australia, selama 14 hari. Hal ini menyusul ditemukannya penumpang positif covid-19 pada dua penerbangan sewaan yang membawa mereka ke Melbourne.

Dalam dua pesawat sewaan dari Los Angeles dan Abu Dhabi menuju Melbourne, dilaporkan seorang anggota kru pesawat dan seorang pelatih dinyatakan positif covid-19.

Tunggal putri juara Australia Terbuka 2012 dan 2013 Victoria Azarenka, juara Amerika Serikat Terbuka 2017 Sloane Stephens dan tunggal putra Jepang Kei Nishikori diketahui masuk dalam daftar 47 petenis yang diharuskan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Dengan itu, dipastikan sebanyak 47 pemain tidak diperbolehkan pergi ke tempat latihan. Sejatinya para pemain memiliki waktu 5 jam per hari untuk melakukan latihan.

Salah satu hasil tes positif covid-19 dari pengujian yang dilakukan setibanya di Melbourne yakni pada Sylvain Bruneau, yang merupakan pelatih Petenis juara Amerika Serikat Terbuka 2019 Bianca Andreescu.

"Saya sangat sedih dan menyesal atas konsekuensi yang  harus diterima semua orang yang berbagi penerbangan dengan saya," ucap Bruneau, Minggu (17/1).

Dirinya dinyatakan negatif dalam 72 jam setelah keberangkatan penerbanganya. Pun merasa dalam kondisi yang prima saat memasuki pesawat.

"Saya tidak tahu bagaimana saya bisa tertular virus ini, anggota tim saya yang lain telah dinyatakan negatif dan berharap gangguan seperti ini dapat diminimalisir lebih lanjut," tuturnya.

Baca juga: Nadal Berjuang Sendiri di Australia

Petenis Asal Prancis Alize Cornet yang telah tiba di Melbourne tetapi tidak berada di dua pesawat tersebut mengungkapkan ini adalah situasi gila.

"Setengah dari pemain AO (Australia Terbuka) benar-benar harus diisolasi. Latihan berminggu-minggu dan kerja keras akan sia-sia untuk satu orang yang positif covid-19 dalam pesawat. Maaf, tapi ini adalah situasi yang gila," ucap Cornet dalam akun media sosialnya.

Dapat diketahui, para pemain top dunia mulai tiba di Australia sejak Kamis (14/1) untuk mengikuti turnamen Grand Slam pertama di musim 2021 tersebut.

Sebagian besar petenis mendarat di Melbourne, namun nama-nama pemain besar seperti Rafael Nadal, Novak Djokovic, Dominic Thiem dan Serena Williams terbang ke Adelaide.

Australia Terbuka akan mulai di gelar pada 8-21 Februari, adapun agenda penyelenggaraan kejuaraan Grand Slam itu mundur sekitar tiga pekan dari jadwal semula yang direncanakan digelar pada 18-31 Januari.

Alasan Otoritas Australia yang mewajibkan seluruh peserta Australia Terbuka 2021 menjalankan karantina demi meminimalkan penyebaran covid-19 selama sekitar 3 pekan sebelum pertandingan menjadi alasan pertandingan Grand Slam lapangan keras itu diundur dari jadwal awal.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP

Pandemi Bikin Iga Swiatek tidak Dimabuk Kesuksesan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:59 WIB
Petenis peringkat ke-18 dunia itu sebelumnya mengakui sempat terbebani dengan harapan tinggi di pundaknya dalam Australian Open 2021,...
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA

Atlet PBSI Antusias untuk Ikut Vaksinasi

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:11 WIB
Ada 82 pebulu tangkis Indonesia yang akan mengikuti...
Dok. PSSI

Beralasan WNA Pelatih Timnas Indonesia belum Divaksin

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 20:30 WIB
Vaksin untuk WNA belum diatur secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya