Selasa 24 November 2020, 11:48 WIB

Bertemu Paus, Pemain NBA Bahas Masalah Keadilan Sosial

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Bertemu Paus, Pemain NBA Bahas Masalah Keadilan Sosial

AFP/Handout / VATICAN MEDIA
Paus Fransiskus (kiri) bertemu lima pemain NBA di Vatikan.

LIMA pemain NBA bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Senin (23/11), untuk membahas masalah keadilan sosial setelah musim lalu para pemain yang berkiprah di kompetisi bola basket paling bergengsi di dunia itu menyuarakan upaya memerangi ketidaksetaraan rasial.

Para pemain yang bertemu Paus adalah Anthony Tolliver, Kyle Korver, Sterling Brown, Jonathan Isaac, dan Marco Belinelli. Mereka didampingi Direktur Eksekutif National Basketball Players Association (NBPA) Michele Roberts dan Kepala Hubungan Internasional NBPA Matteo Zuretti Sherrie Deans.

"Kami sangat tersanjung mendapatkan kesempatan ini untuk datang ke Vatikan dan berbagi pengalaman kami dengan Paus Fransiskus," kata small
forward Milwaukee Bucks Kyle Elliot Korver.

Baca juga: Bos Wizards Bantah John Wall akan Hengkang

"Keterbukaan dan keinginannya untuk membahas masalah ini sangat menginspirasi dan mengingatkan bahwa pekerjaan kami memiliki dampak global dan harus terus bergerak maju," katanya dalam rilis berita yang diunggah laman resmi NBPA.

NBPA adalah persatuan pemain bola basket profesional yang bermain di NBA.

Didirikan pada 1954, misi NBPA adalah untuk melindungi dan mendukung hak dan bakat para pemain, memperbesar kekuatan kemauan kolektif, dan memperkuat suara para pemain sebagai pemimpin yang akan melampaui persoalan olahraga dan masyarakat secara global.

Didedikasikan untuk melestarikan warisan para anggotanya, NBPA Foundation memberikan dukungan dan bantuan kepada orang, komunitas, dan organisasi di seluruh dunia yang berupaya meningkatkan kehidupan mereka yang membutuhkan.

"Pertemuan hari ini adalah pengalaman yang luar biasa," kata forward Memphis Grizzlies Tolliver.

"Dengan dukungan dan berkah Paus, kami sangat bersemangat untuk memasuki musim depan yang dihidupkan kembali untuk terus mendorong perubahan dan menyatukan komunitas kami," imbuhnya.

Video pertemuan yang diunggah di laman NBPA menunjukkan para pemain memberikan hadiah kepada Paus termasuk jersey Orlando Magic.

Direktur eksekutif NBPA Michele Roberts mengatakan, pertemuan itu memvalidasi kekuatan suara para pemain tentang berbagai persoalan sosial.

"Salah satu pemimpin paling berpengaruh di dunia berusaha berbicara dengan mereka menunjukkan pengaruh platform mereka," kata
Roberts.

"Saya tetap terinspirasi oleh komitmen berkelanjutan para pemain kami untuk melayani dan mendukung komunitas kami," imbuhnya

NBA dan para pemainnya meningkatkan seruan mereka untuk reformasi seluruh sistem musim lalu setelah kematian George Floyd pada Mei. Floyd, seorang pria kulit hitam, meninggal dalam tahanan polisi di Minneapolis dalam sebuah insiden yang terekam dalam video.

Musim sela covid-19 dilanjutkan di dalam gelembung bio-secure di Florida dengan para pemain mengenakan pesan keadilan sosial di kaus mereka dan Black Lives Matter dicetak di lapangan basket.

Musim reguler NBA baru dijadwalkan akan dimulai pada 22 Desember. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Ganda Putra Indonesia Tidak Capai Target di Thailand Open II

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:12 WIB
Herry Iman Pierngadi menilai performa tim asuhannya pada seri kedua Thailand Open 2021 di Bangkok tidak sesuai target, terbukti dengan...
Behrouz MEHRI / AFP

Presiden IOC : Semua Pihak Bertekad Gelar Olimpiade Tokyo

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 20:58 WIB
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menepis laporan tidak berdasar yang menyebut Olimpiade Tokyo...
Antara/Aditya Pradana Putra

Ahsan/Hendra Tumbang di Semifinal Thailand Open II

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 16:34 WIB
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal melaju ke babak final Toyota Thailand Open 2021, setelah di jegal pasangan Taiwan Lee Yang/Wang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya