Senin 23 November 2020, 09:31 WIB

Juara ATP Finals, Medvedev: Itu Kemenangan Terberat Saya

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Juara ATP Finals, Medvedev: Itu Kemenangan Terberat Saya

AFP/Glyn KIRK
Petenis Rusia Daniil Medvedev mengangkat trofi ATP Finals.

PETENIS peringkat empat dunia Daniil Medvedev sukses membukukan kemenangan atas unggulan ketiga asal Austria Dominic Thiem di laga final ATP Finals 2020.

Petenis Rusia itu tampil memukau dengan bangkit dari kekalahan di set pertama, untuk mengamankan kemenangan kesembilan di ATP Tour sepanjang kariernya.

Medvedev yang tertinggal kalah set pertama, mengakhiri pertandingan atas Thiem dengan kemenangan 4-6, 7-6(2), dan 6-4.

Baca juga: Juara ATP Finals, Medvedev: Ini Salah Satu Kemenangan Terbaik Saya

Medvedev menyebut laga final ATP Finals itu sebagai salah satu pertandingan terberat dalam kariernya.

"Itu adalah kemenangan terberat dalam hidup saya karena Dominic adalah pemain yang tangguh untuk dikalahkan," sebut Medvedev usai pertandingan, Senin (23/11).

"Saya pikir hari ini adalah kondisi terbaiknya, itu yang saya rasakan selama pertandingan. Dia sangat dekat untuk menutup kemenangan di set kedua namun saya berhasil bertahan di sana. Tentu saja saya merasa kelelahan secara fisik pada babak penentuan namun melihat Dominic yang mulai kehilangan fokus, saya berusaha untuk bertahan," imbuhnya.

Medvedev tampil luar biasa sepanjang perjalanannya di ATP Finals 2020. Ia berhasil menghempaskan petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic dan unggulan kedua Rafael Nadal. Hal itu berbanding terbalik dengan perjalananya pada tahun lalu saat ia harus gugur di babak penyisihan grup tanpa kemenangan satu pertandingan pun.

"Hal yang luar biasa dapat mengalahkan petenis tiga besar dunia di sini. Di group, saya mengalahkan Djokovic, kemudian Rafa di semifinal, dan Dominic di final. Mereka pemain terbaik dunia dan itu tidak mudah," tuturnya

"Itu menunjukkan apa yang saya mampu ketika saya bermain dengan bagus, ketika saya merasa baik secara fisik dan mental. Sekarang saya tahu apa yang saya mampu, dan saya hanya perlu membuatanya semakin baik, dan berharap lebih banyak pertandingan seperti ini," sambungnya.

Perebutan gelar Medvedev mengakhiri masa 12 tahun London sebagai tuan rumah ATP Finals, mencatatkan pembukaan dan penutupan ATP Finals edisi London dimenangkan oleh dua petenis Rusia.

Edisi pertama yang diadakan di London pada 2009 lalu dimenengkan petenis Rusia Nikolay Davydenko.

"Memulai dan menyelesaikan London dengan juara Rusia sangatlah keren, Nikolay Davydenko adalah salah satu idola saya. Dia petenis yang sangat luar biasa," tukas Medvedev. (Atptour/OL-1)

Baca Juga

indiapigeon.com

Peraih medali Emas Olimpiade Rio 2016 Langgar Aturan Doping

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:55 WIB
Peraih medali emas cabang angkat besi di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro Nijat Rahimov didakwa dengan sengaja telah menukar sampel urinenya...
123rtf

Petenis Australian Open Dukung Isolasi Ketat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:43 WIB
Pejabat kesehatan Victoria mengatakan dua kasus sebelumnya telah diklasifikasikan sebagai infeksi...
AFP

Dua Peserta Positif Covid, Australia Terbuka 2021 Terancam Batal

👤Widhoroso 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:48 WIB
Kasus positif peserta membuat Australia Terbuka 2021...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya