Selasa 18 Februari 2020, 18:53 WIB

PRSI Gelar Liga Polo Air Perdana Demi Olimpiade 2032

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
PRSI Gelar Liga Polo Air Perdana Demi Olimpiade 2032

MI/Yakub P Wijayaatmaja
Peluncurkan Liga Polo Air Jakarta

PENGURUS Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PP PRSI) akan menggelar liga polo air khusus untuk atlet polo berusia 16 tahun ke bawah dari sembilan klub renang di Jakarta.

Rencananya, liga polo air pertama di Indonesia ini akan diadakan di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 3 Maret mendatang.

“Kami sudah lama berdiskusi untuk menggelar liga polo pertama di Indonesia. kami tak ingin berlarut-larut, apalagi kami baru mendapatkan momentum dengan meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina,” tutur Ketua Penyelenggara, Wisnu Wardhana, Selasa (18/2).

Wisnu yang juga Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PRSI menambahkan, dengan diadakan liga polo air ini diharapkan bisa mengisi kekosongan generasi untuk menuju SEA Games 2021 bahkan persiapan tim untuk bertempur di Olimpiade 2032 mendatang.

Delegasi Teknis Liga Polo Air, Dean Baldwin, menambahkan bahwa liga ini merupakan program jangka panjang yang ke depannya juga akan merangkul keikutsertaan Provinsi-Provinsi lainnya.

“Untuk sementara ruang lingkupnya masih di DKI Jakarta. Berkaca pada negara lain, seperti polo air di Singapura, sistem liganya sudah berjalan beberapa tahun. Di Serbia saat pelatnas pun liga Serbia berjalan seru dan kompetitif hingga menghasilkan para atlet kelas dunia. Itu yang akan kami contoh,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Asisten Pelatih Timnas Polo Air Indonesia itu.

Baca juga : KONI Provinsi Jambi Siapkan Bonus untuk Para Atletnya

Nantinya, liga polo air akan berisikan sembilan klub, diantaranya, Milenium, JAQ, Pari Sakti, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Kuda Laut, ISA, dan Tirta Taruna.

Sistem liga akan terbagi dua grup, round robin Grup A dan B. laga semifinal akan ditentukan melalui ranking secara keseluruhan dari 1-9 klub teratas.

“Total sistem per-Minggu kita akan mainkan setiap hari Selasa dari jam 7-9. Per-Minggu bakal ada dua gim. Total untuk pertandingn ada 10-11 Minggu. Grand final akan ada hari Sabtu. Karena jadwal bertabrakan dengan lebaran, pertandingan final akan dilangsungkan usai lebaran,” tutur Dean.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PRSI, Harlin Rahardjo, menyambut baik adanya gelaran liga polo air di Indonesia. ia berharap kedepannya di setiap provinsi lain nantinya bisa menggelar liga seperti di Jakarta.

“Jika Provinsi-Provinsi besar sudah bisa menggelar liga, kedepannya PRSI akan buat super league, turnamen yang mempertemukan tim-tim terbaik antar-provinsi,” ujar Harlin.

“Fasilitas yang ada sekarang sangat mendukung. Kami gunakan kolam ini untuk menggelar liga bisa konsisten, tak tabrakan dengan event lain karena kolam ini didesain untuk polo air,” tambahnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Hamad I Mohammed

Ferrari Tes Privat di Sirkuit Fiorano Hari Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 05:30 WIB
Itu akan menjadi satu-satunya kesempatan bagi sang pembalap Spanyol menguji mobil Ferrari sebelum sesi tes pramusim selama tiga hari di...
ANTARA/HO-Badmintonphoto/Raphael Sachetat

Di Thailand Open 2021, Pelapis Ganda Putra Indonesia Cukup Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:59 WIB
Menurut pelatih bulu tangkis ganda putra Herry IP, penampilan ketiga pasangan pelapis Indonesia itu sudah cukup baik untuk debut...
Dok.PBSI

Kurang Fokus, Gugurnya Wakil Indonesia di Toyota 1000 Series

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:50 WIB
Pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra mengatakan pemain tunggal Indonesia gagal Toyota Thailand Open 1000 disebabkan kurang fokus saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya