Senin 17 Februari 2020, 19:37 WIB

Jelang Piala Uber, Tunggal Putri Jadi Catatan

Akmal Fauzi | Olahraga
Jelang Piala Uber, Tunggal Putri Jadi Catatan

MI/Ramdani
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berusaha mengembalikan kok ke arah lawannya pada Indonesia Masters 2020.

TIM putri Indonesia dipastikan lolos ke Piala Uber 2020, meski gagal dalam Kejuaran Bulu Tangkis Beregu di Filipina. Evaluasi di sektor tunggal putri menjadi fokus Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Ahmad Budiharto, mengatakan tim putri Indonesia lolos berdasarkan jalur peringkat dunia. Indonesia masuk dalam kategori tersebut bersama Taiwan dan India.

“Tim putri kita tetap lolos final Piala Uber di Denmark nanti,” tegas Budi saat dihubungi Media Indonesia, Senin (17/2).

Berdasarkan BWF World Team Rangkings, Indonesia menempati posisi ketiga di bawah Tiongkok dan Jepang. Meski tidak tampil dalam kejuaran beregu, Tiongkok juga dipastikan lolos mengisi slot peringkat Jepang yang sudah dipastikan lolos sebagai juara bertahan Piala Uber.

Budi mengatakan pihaknya akan mengevaluasi sektor tunggal putri, sebagai persiapan Piala Uber yang berlangsung pada Mei mendatang.

Sebelumnya, dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu 2020, tim putri Indonesia terhenti di babak perempatfinal setelah kalah dari Jepang 0-3.

Baca juga: Ujian untuk Tunggal Putri Dimulai

“Kami masih harus kerja keras untuk mematangkan tunggal putri. Serta, segera mungkin mencari pelapis ganda Greysia Polii/Apriani Rahayu,”jelas Budi.

Krisis pemain yang menjadi pelapis Greysia/Apriani juga menjadi persoalan Indonesia. Sejauh ini, hanya ganda putri peringkat delapan dunia yang tampil konsisten sejak kualifikasi Olimpiade bergulir pada April 2019. Sementara ganda putri lainnya tercecer jauh di bawah Greysia/Apriani.

Catatan juga diberikan tim putra Indonesia, meski berhasil sebagai juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu 2020. Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan sektor tunggal putra harus meningkatkan penampilan untuk bisa berkontribusi di kejuaraan beregu.

“Tunggal putra harus mempersiapkan diri lagi, masih belum konsisten,” kata Susy yang juga manajer tim Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu 2020.

Untuk diketahui, hanya Anthony Sinusika Ginting yang tampil konsisten meraih kemenangan pada turnamen yang berlangsung di Filipina. Sementara itu, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhusvito tercatat hanya meraih satu kemenangan di kejuaraan beregu dua tahunan.(OL-11)

Baca Juga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Schumacher Mengaku Siap Gantikan Grosjean di GP Abu Dhabi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 03 Desember 2020, 12:13 WIB
Hingga saat ini, tim Haas belum mengumumkan terkait partisipasi Grosjean pada GP Abu Dhabi, menyusul kondisi Grosjean yang masih dalam...
AFP/Mike Ehrmann/Getty Images

Rockets Kirim Westbrook ke Wizards untuk Dapatkan Wall

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 03 Desember 2020, 11:20 WIB
Pertukaran itu mengakhiri kiprah Westbrook selama satu musim di Rockets setelah sebelumnya bermain selama 11 tahun bersama...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Grosjean akan Tampil di GP Abu Dhabi Jika Pulih dari Cedera

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 03 Desember 2020, 10:42 WIB
"Jika tangan kiri saya tidak dalam kondisi baik pekan depan, saya tidak akan mengambil risiko untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya