Rabu 08 Januari 2020, 04:05 WIB

Ujian untuk Tunggal Putri Dimulai

Akmal Fauzi | Olahraga
Ujian untuk Tunggal Putri Dimulai

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Pemain tunggal putri Indonesia Ruselli Hartawan berusaha mengembalikan bola ke arah wakil Taiwan Pai Yu Po di babak kualifi kasi Malaysia

PEMAIN tunggal putri Indonesia Ruselli Hartawan berhasil memasuki babak pertama Malaysia Masters 2020 setelah lolos dari babak kualifikasi yang dijalaninya, kemarin. Ruselli menang 13-21, 21-14, dan 21-17 dari wakil Taiwan Pai Yu Po di laga perdananya itu.

Hari ini, Ruselli kembali turun ke lapangan dan berhadapan dengan pemain Singapura Yeo Jia Min. Lawannya itu sempat mengalami cedera saat mengikuti SEA Games 2019 di Filipina. Namun, Min tetap diwaspadai Ruselli, meski telah menang tiga kali dari empat pertemuan.

"Jarak waktu dari SEA Games ke turnamen ini cukup jauh, mungkin dia sudah pulih. Saya tetap harus siap dan tidak boleh lengah. Melawan dia, saya harus siap capek dan lebih fokus," ucap Ruselli.

Melalui Malaysia Masters, Ruselli pun bercita-cita dirinya bisa mengukir prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. "Tahun ini saya ingin dapat hasil lebih baik dari pencapaian di tahun lalu. Setidaknya tembus rangking 20 besar dan dapat gelar juara," tambah Ruselli.

Dengan adanya Ruselli, Indonesia punya tiga wakil di nomor tunggal putri. Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani bisa bermain di Malaysia tanpa harus mengikuti kualifikasi. Namun, mereka sudah mendapat lawan yang berat sejak babak pertama. Gregoria menantang Ratchanok Intanon dari Thailand. Sementara Fitriani menghadapi Cai Yan Yan dari Tiongkok. Baik Gregoria dan Fitriani belum pernah menang dari lawan yang akan dihadapi itu.

Selain Ruselli, yang juga lolos dari kualifikasi ialah pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang menang dari pasangan India dengan skor 21-15 dan 21-10.

Sukses balas dendam

Kemarin, babak pertama Malaysia Masters sebenarnya sudah dimulai. Dari empat wakil Merah Putih yang kedapatan giliran bermain, hanya pasangan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso yang gagal melaju ke babak kedua.

Lainnya, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) berhasil menginjakkan kaki di babak kedua.

Fajar/Rian masuk babak kedua usai menekuk Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen dari Denmark dengan skor 21-17 dan 21-14. Dari dua pertemuan sebelumnya, Fajar/Rian belum pernah menang dari Boe/Petersen.

"Di pertemuan sebelumnya, kami terlalu buru-buru, menggebu-gebu ingin menang, jadi serangannya enggak dikontrol. Kali ini kami coba atur tempo main, sehingga serangannya lebih variatif," tutur Fajar seusai pertandingan.

Sementara hari ini, ada 13 wakil Indonesia yang akan menjalani babak pertama termasuk Ruselli, Siti/Ribka, Fitriani, dan Gregoria. Dari tunggal putra, Indonesia punya Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, dan Shesar Hiren Rhustavito. Kemudian di ganda putra, ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Ricky Karandasuwardi/Pia Zebadiah, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja turun di nomor ganda campuran. (BadmintonIndonesia/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More