Kamis 29 Agustus 2019, 19:25 WIB

Dana belum Disalurkan Kemenpora, Percasi Hentikan Pelatnas

Despian Nurhidayat | Olahraga
Dana belum Disalurkan Kemenpora, Percasi Hentikan Pelatnas

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz.
Sejumlah pecatur bertanding saat pembukaan JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament 2019 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Kamis

 

PENGURUS Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) dilaporkan telah menghentikan pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games Filipina 2019. Hal ini dilakukan lantaran sampai saat ini dana untuk pelatnas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga tak juga kunjung turun.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, mengatakan bahwa hingga detik ini memorandum of understanding atau nota kesepahaman belum juga ditandatangani.

"MoU-nya belum ditandatangani. Terus muncul teori backdate. Artinya, semua biaya pelatnas dan uji coba yang sudah dikeluarkan bakal tidak diganti. Kami terpaksa menghentikan pelatnas sementara," ungkap Kristianus kepada Media Indonesia, Kamis (29/8).

Dia melanjutkan bahwa pada awalnya, pelatnas catur yang berjumlah 10 orang terdiri atas 6 atlet putra dan 4 putri sudah berjalan sejak awal April lalu. Selama ini, biaya pelatnas dikatakan telah ditanggung oleh Percasi. Hal ini dilakukan karena penandatangan MoU dianggap masih ditunda dan memperlambat pergerakan Percasi.


Baca juga: FIBA Pantau Kesiapan Perbasi Jadi Tuan Rumah World Cup 2023


"Ironisnya, hanya biaya-biaya setelah MOU yang baru bisa direimburse. Sementara pelatnas sebelumnya tidak bisa dicairkan. Pihak Kemenpora bilang masih terus diupayakan dengan rapat lagi buat juknis dan lain-lain," lanjutnya.

Meskipun begitu, Kristianus melanjutkan bahwa Pelatnas dihentikan, latihan untuk para atlet yang tengah menyongsong kompetisi internasional tetap berlanjut, hanya saja latihan tersebut tidak dilakukan bersama-sama.

"Misalnya seperti GM Susanto Megaranto kan juga mau ke Piala Dunia Catur tanggal 9 September di Khanty-Mansiysk, Rusia. April lalu Megaranto lolos kualifikasi World Chess Cup. Nah sebentar lagi pelaksanaan piala dunia sistem gugur 128 peserta lolos kualifikasi," tutupnya. (OL-1)

 

Baca Juga

MI/Deny Susanto

Tiga Atlet dan Pelatih Sepeda Kalsel Dipanggil Timnas

👤Deny Susanto 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:37 WIB
Tiga atlet dan seorang pelatih balap sepeda asal Kalimantan Selatan yang berprestasi pada ajang Indonesia National Championship (INC) 2022,...
AFP

Simona Halep Incar Gelar Ketiga di Toronto Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 14:06 WIB
Halep yang saat ini diperingkat ke-15 dunia akan kembali ke 10 besar berkat...
AFP

Hurkacz Melaju ke Final Montreal Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:45 WIB
Hurkacz tengah membidik tambahan gelar ATP. Sejauh ini, dia telah memenangi lima final...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya