Sabtu 25 Maret 2017, 14:30 WIB

Presiden Resmikan Asrama Haji Mandailing Natal

Antara | Nusantara
Presiden Resmikan Asrama Haji Mandailing Natal

Ist
Presiden Resmikan Asrama Haji Mandailing Natal

 

PRESIDEN Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, untuk meresmikan Asrama Haji Mandailing Natal yang berlokasi di kawasan Masjid Agung Nur Alannur serta menghadiri Silaturahim Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI).

"Asrama haji pertama yang ingin kita mulai pada pagi ini, semoga nantinya bermanfaat bagi seluruh calon jemaah haji maupun jemaah haji yang pulang dari Tanah Suci" kata Presiden pada Sabtu (25/3).

Presiden juga menyampaikan bahwa pemerintah telah meminta penambahan kuota haji saat dua tahun lalu berkunjung ke Arab Saudi dan saat pertemuannya dengan Raja Salman awal Maret.

Pada 2017, Indonesia pun akhirnya mendapat tambahan kuota haji sebanyak 52.200.

"Alhamdulillah tahun ini tidak hanya tambahan kuota 10.000, tapi juga tambahan pengembalian pada saat yang lalu kita dikurangi," jelas Jokowi.

Penambahan kuota hampir sebesar 30% tersebut meningkatkan total kuota haji Indonesia menjadi 221.000 dari sebelumnya 168.800.

Kepala Negara menjelaskan, penambahan tersebut menjadi kewajaran karena Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

"Dan tentu saja supaya tidak lama-lama orang untuk menunggu naik haji," ujar Jokowi.

Sejak 2013, jumlah kuota jemaah haji dari seluruh negara mengalami pengurangan sebesar 20%.

Hal itu dilakukan seiring dengan peluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram, Mekkah.

Saat kunjungan ke Mandailing Natal, Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi beserta sejumlah pejabat pemerintah yaitu Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki ,dan Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi.

Selain meresmikan Asrama Haji, Jokowi juga akan menghadiri Silaturahim Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Lembah Sorik Merapi. Presiden meresmikan pembangunan asrama putri ponpes tersebut.

Sebanyak dua agenda kegiatan lain yang dihadiri Presiden sebelum melanjutkan blusukan menuju Padang Sidimpuan adalah penyerahan Kartu Indonesia Pintar, Pemberian Makanan Tambahan, Program Keluarga Harapan, dan Kartu Indonesia Sehat serta penyerahan sertifikat hak atas tanah.

Dari Padang Sidimpuan pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah, menumpang helikopter Superpuma TNI AU.

Selanjutnya rombongan kepresidenan akan kembali ke Jakarta dari Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Distribusi Air Bersih Pengungsi Cianjur Dijamin Terpenuhi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:48 WIB
Selain permakanan, kebutuhan dasar air bersih juga menjadi hal yang paling...
MI/NAVIANDRI

Rufous Events Hadirkan Bazar Bernuansa Natal di Pullman Bandung

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:20 WIB
Rufous menghadirkan 40 tenan, mulai dari kuliner hingga...
MI/NAVIANDRI

Try Out CASN Juara Semakin Diminati Peserta Seleksi Calon ASN

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:05 WIB
Pemprov Jabar akan membuka lowongan formasi untuk tenaga teknis lainnya dengan 5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya