Rabu 01 Maret 2023, 23:45 WIB

Kawanan Pencuri Besi Rel Kereta Api di Asahan Ditangkap

mediaindonesia.com | Nusantara
Kawanan Pencuri Besi Rel Kereta Api di Asahan Ditangkap

ANTARA
Ilustrasi rel kereta api.

 

KEPOLISIAN Resor Asahan menangkap tiga pelaku pencurian 50 batang besi rel kereta api dengan menggunakan mobil truk Colt Diesel BB 8248 RA di Jalan Perlintasan Rel Kereta Api, Kelurahan Sentang, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.
 
Ketiga pelaku itu yakni SYT, MS, dan HM warga Kabupaten Asahan.
 
"Sebanyak 50 batang besi rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kabupaten Asahan, yang akan di jual ke wilayah Kota Pematang Siantar oleh para pelaku jaringan sindikat pencurian besi," kata Kapolres Asahan AKB Roman Smaradhana Elhaj, saat pengungkapan kasus tersebut di Mapolres, Rabu (1/3).
 
Roman menyebutkan pencurian besi rel kereta api itu, Jumat (24/2) sekitar pukul 01.00 WIB, di Kelurahan Sentang, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.
 
Pencurian berhasil digagalkan petugas Polsuska Kisaran bekerja sama dengan Kodim 0208 Asahan dan diungkap dalam pengembangan oleh Satuan Reskrim Polres Asahan hingga berhasil mengaman tiga orang pelaku.
 
"Barang bukti yang berhasil disita Satreskrim Polres Asahan, yakni 50 batang besi rel KA seberat lebih kurang 8 ton, mobil truk Colt Diesel BB 8248 RA, mobil Avanza warna hitam BK 1577 WP, 1 linggis dan plastik terpal warna biru," ucapnya.
 
Kapolres mengatakan terungkapnya kasus pencurian 50 batang besi rel KA ini berawal petugas Polisi Khusus KAS (Polsuska) bekerja sama dengan personel TNI Kodim 0208 Asahan.


Baca juga: Banjir Putus Akses Jalan Warga Cikarang Timur

 
"Berhasil menangkap seorang pelaku dengan mobil truk Colt Diesel yang dikemudikan SYT saat melintasi rel kereta api lebih tepatnya di depan Kantor Bupati Asahan," katanya.

Roman menjelaskan para pelaku ini ada sebanyak 13 orang, namun baru tiga yang berhasil diringkus, dan 10 orang lagi masih menjadi DPO alias buron.
 
Selanjutnya, hasil pencurian 50 batang besi rel KA tersebut dimuat ke dalam mobil truk Colt Diesel dan akan dibawa ke Pematang Siantar
untuk dijual.
 
"Dari penangkapan itu Satreskrim Polres Asahan melakukan pengembangan hingga berhasil meringkus dua pelaku lainnya yakni MS dan HM saat menggunakan mobil Avanza warna Hitam BK 1577 WP," katanya.
 
Kapolres menambahkan sebenarnya ada 4 orang di dalam mobil tersebut, namun sebelum dilakukan penangkapan dua orang lainnya sudah terlebih dahulu turun dari mobil. Kerugian yang dialami PT KAI lebih kurang mencapai sekitar 8 ton. Jika harga besi rel tersebut diuangkan, kerugian mencapai sekitar Rp400 juta.
 
"Ketiga pelaku di jerat Pasal 363 Ayat 1 KUHPidana tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," kata Kapolres. (Ant/OL-16)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Kemenparekraf Berupaya Hidupkan Lagi Pariwisata Timur Indonesia

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 23 Maret 2023, 12:45 WIB
Ditargetkan strategi yang dibuat dapat menarik sampai 2.000 wisatawan...
MI/Martinus Solo

Pj Bupati Sorong: Tenaga Kesehatan dan ASN Diminta Lebih Banyak Tugas ke Kampung

👤Martinus Solo 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:47 WIB
Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso: Kepala Dinas Kesehatan harus memastikan kesejahteraan para Dokter dan Nakes yang bekerja di kampung, agar...
Dok. ist

Penetapan Lokasi Bandara Surabaya II, Pemda Klaim Tidak Langgar Hukum

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:45 WIB
Kepala Bappelitbangda Nagekeo Kasimirus Dhoy mengatakan penetapan lokasi (penlok) Bandara Surabaya II di Kota Mbay oleh Pemda tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya