Rabu 18 Januari 2023, 09:20 WIB

Angka Stunting di NTT Turun Tinggal 17,7% dari 42%

Palce Amalo | Nusantara
Angka Stunting di NTT Turun Tinggal 17,7%  dari 42%

MI/Gabriel Langga
Gubernur NTT Victor Laiskodat

 

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menurunkan angka balita stunting dari 42% pada 2018 menjadi 17,7% pada akhir 2022.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pemerintah sedang berupaya menurunkan angka stunting jadi satu digit pada 2024.

"Ini tentunya bukti hasil kerja keras dan juga semangat kolaboratif antara Pemerintah Daerah bersama stakeholder juga TNI dan Polri bersama anggota masyarakat dalam penanganan stunting ini," ujar Viktor Laiskodat, Rabu (18/1).

Penurunan angka stunting antara lain dilakukan dengan pengembangan tanaman kelor yang memiliki kandungan gizi melimpah. Hasil olahan kelor diberikan kepada ibu hamil dan juga anak-anak untuk pencegahan stunting.

Menurut Laiskodat, upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat keluar dari kemiskinan adalah pemanfaatan program sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM melalui perencanaan dan pengelolaan anggaran daerah secara tepat.

"Perencanaan hingga pengelolaan anggaran di sebuah daerah harus dikerjakan pada potensi atau kekuatan ekonomi dari daerah tersebut.

Harus kita kerjakan dengan baik mulai dari perencanaan yang baik dan tepat pada eksekusi anggaran dan programnya juga tepat, serta dikerjakan juga dengan digitalisasi yang baik, maka bisa mendatangkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Laiskodat menyebutkan, Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir, telah meningkatkan ekonomi masyarakat di perdesaan. Tahun ini, program ini akan mencapai 300.000 tanaman jagung.

"Kita beberapa waktu lalu juga melakukan rapat bersama forkopimda dan dinas teknis terkait untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan salah satunya yang kita terus kerjakan adalah Program Tanam Jagung Panen Sapi dan saat ini kita sedang menuju pada 300.000 hektare," ujarnya. (OL-13)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Masyarakat dan Wisatawan Diminta Waspada atas Meningkatnya Aktivitas Gunung Bromo

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:13 WIB
Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta masyarakat termasuk wisatawan untuk tetap waspada terkait adanya...
Antara/Nova Wahyudi

BPODT Siapkan Sejumlah Agenda Internasional Promosikan Danau Toba

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:01 WIB
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menyiapkan sejumlah agenda bertaraf nasional hingga internasional sebagai salah satu upaya untuk...
Ist

Kini Para Santri dan Masyarakat Desa Sukamulya Tak Lagi Beli Air Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:56 WIB
 BWA Inovasi Wakaf telah meresmikan proyek Wakaf Sarana Air Bersih di Kampung Pamokolan, Desa Sukamulya, Bogor, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya