Selasa 17 Januari 2023, 15:38 WIB

Gunung Dieng Aktif, Pemkab Batang Siapkan Empat Lokasi Evakuasi

Akhmad Safuan | Nusantara
Gunung Dieng Aktif, Pemkab Batang Siapkan Empat Lokasi Evakuasi

MI/Lilik Darmawan
Sejumlah wisatawan tengah menikmati wisata Kawah Sikidang lewat Jembatan Kayangan di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah (Jateng)

 

ANTISIPASI meningkatnya aktivitas Gunung Dieng dan gas beracun Kawah Sileri, Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menyiapkan empat titik evakuasi.

Meningkatnya aktivitas Gunung Dieng hingga berstatus waspada, membuat warga dua desa yakni Desa Pranten, Kecamatan Bawang dan Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang ikut terimbas karena lokasi sangat dekat dengan dapur magma dan Kawah Sileri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang Ulul Azmi mengatakan meningkatnya aktivitas Gunung Dieng dan kini berstatus waspada membuat Pemkab Batang lakukan persiapan untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

"Kita siapkan empat lokasi pengungsian dan jalur evakuasi untuk warga, jika kondisi sudah memasuki bahaya, sehingga kita sudah kirimkan petugas untuk memantau dua desa itu," kata Ulul Azmi.

Desa Gerlang, Kecamatan Blado posisinya dekat dengan dapur magma, demikian Ulul Azmi, sehingga diwaspadai letusan kawah Pagar Kandang dan Kawah Timbang yang membawa material lumpur panas dan material vulkanik lain. "Di Desa itu juga diwaspadai potensi gas beracun," tambahnya.

Sedangkan Dukuh Rejosari, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, lanjut Ulul Azmi, jaraknya cukup dekat dengan Kawah Sileri yang rawan terhadap munculnya gas beracun, sehingga berbagai persiapan evakuasi dilakukan sebagai antisipasi.

Di sisi lain, warga desa Pranten dan Gerlang tetap beraktivitas seperti biasa, mereka tetap menggarap kebun dan ladang. "Takut juga sih, tapi kita tetap waspada dan jika muncul tanda-tanda kami menyingkir," ujar Muhammad, 50, warga Dukuh Rejosari, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Batang Selasa (17/1). (OL-15)

 

Baca Juga

DOK.MI

Situasi Polres Malinau Kaltara Kondusif Usai Dirusak Massa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:20 WIB
Peristiwa ini berawal dari tertembaknya korban LH oleh Brigadir W dari Tim Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda...
ANTARA/Istafan Najmi

BKSDA Teliti Perilaku Harimau Sumatra Serang Warga di Aceh Selatan

👤Amiruddin Abdullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:05 WIB
Sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan canine distemper...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Cap Go Meh di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:40 WIB
Kirab barongsai dan liong tidak hanya melibatkan warga keturunan Tionghoa dan umat di klenteng, tetapi juga masyarakat Hindu Bali dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya