Senin 16 Januari 2023, 23:54 WIB

Sejumlah Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Hadiri Sidang Perdana

Faishol Taselan | Nusantara
Sejumlah Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Hadiri Sidang Perdana

AFP/Juni Kriswanto
Sejumlah keluarga korban Tragedi Kanjuruhan yang ingin menyaksikan sidang perdana kasus itu di PN Surabaya, Jatim, Senin (16/1).

 

BEBERAPA keluarga korban Tragedi Kanjuruhan Malang yang menewaskan 135 orang menghadiri secara langsung persidangan kasus tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya Jawa Timur, Senin (16/1).

Rini Hanifah selaku orang tua korban tragedi Kanjuruhan bernama Agus Riyansah mengatakan jika kedatangan dirinya bersama dengan beberapa keluarga korban lainnya ingin melihat dari dekat proses persidangan karena ada informasi kalau persidangan tersebut tidak disiarkan secara langsung.

"Kami datang untuk melihat langsung persidangan yang membuat anak kami menjadi korban. Kami kecewa kalau terdakwa dikenakan pasal  kelalaian," ujarnya usai persidangan.

Ia mengatakan, jeratan pasal tersebut dianggap terlalu ringan karena saat kejadian gas air mata tersebut ditembakkan ke arah tribune.

"Kenapa kok ditembakkan ke tribune penonton," ucapnya.

Bukan hanya Rini yang datang di sidang perdana ini karena tiga orangtua dari korban lain juga ikut datang. Di antaranya Juriah, ibu almarhumah Medya Sifwa Dinar Artha, Andi Kurniawan, kakak almarhumah Mita Maulidia, serta Miftahhudin, ayah almarhum Navisatul Mutiaroh.


Baca juga: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Tawuran Tewaskan Remaja di Palembang


"Anakku sama pacarnya selang dua hari laga Persebaya Vs Arema FC harusnya foto prewedding dan Januari ini melangsungkan pernikahan. Tapi ternyata nasib mereka jadi korban Kanjuruhan," ujar Miftahhudin.

Dalam persidangan tersebut terdapat lima orang terdakwa yang diadili dalam kasus yang sama.

Kelima orang terdakwa itu masing-masing Ketua Panpel Arema Arema FC Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno.

Selain itu juga ada terdakwa lainnya yakni Hasdarmawan, Wahyu Setyo Pranoto dan Bambang Sidik Ahcmadi yang berasal dari unsur  kepolisian.

Sidang perdana tersebut dilakukan secara dalam jaringan dengan posisi para terdakwa berada di dalam Rutan Polda Jatim.

Tragedi Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022 yakni sebuah insiden penghimpitan kerumunan yang fatal terjadi pascapertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tercatat ada sebanyak 135 orang yang tewas, dan 583 orang lainnya cedera. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya