Senin 16 Januari 2023, 21:50 WIB

Daihatsu Raih Posisi ke-2 Jumlah Penjualan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

Haryanto | Nusantara
Daihatsu Raih Posisi ke-2 Jumlah Penjualan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

MI/HARYANTO
Daihatsu menggelar media gathering membuka tahun 2023 di Semarang, Jawa Tengah

 

SELAMA 2022, penjualan Daihatsu tercatat sangat menggembirakan,
yakni mencapai 18 ribu unit atau rata-rata penjualan 1.500 unit per bulan.

"Dengan angka penjualan tersebut, kami bisa berada di posisi ke 2 sebagai market share terbesar di Jateng dan DIY," ungkap Regional Head Astra International Daihatsu Sales Operation Jawa Tengah dan DIY, Ferry, dalam Media Gathering Buka Tahun 2023, Senin (16/1).

Kontribusi terbesar, kata Ferry, dari penjualan Gran Max, sebesar 40%, kemudian Ayla dan Sigra sebesar 30%, sedangkan 30% lagi disumbang penjualan mobil tipe lainnya.

"Kami optimistis, Gran Max akan terus tumbuh, karena kehadiran mobil ini seiring dengan pertumbuhan sektor UMKM," tegas Ferry.

Dia menegaskan, dengan produk-produk terbaru dan inovatif, serta didukung market otomotif yang positif di 2023, Daihatsu optimistis dapat meraih angka 20 ribu unit hingga akhir tahun ini.

Ferry yang juga menjabat Kepala Cabang Astra Daihatsu Pekalongan
menambahkan, untuk cabang Pekalongan market otomotif sudah baik. "Tahun ini kami optimistis penjualan akan tumbuh signifikan."

Selama tahun 2022, Daihatsu cabang Pekalongan mampu mencatat angka
penjualan 600 unit, rata-rata tiap bulan 50 unit. Kontribusi terbesar dari Gran Max dan Ayla juga Sigra sebesar 35%.

Suku cadang

Dia menjelaskan, selain fokus pada penjualan, Daihatsu juga menghadirkan jaringan penjualan suku cadang yang lengkap di 12 cabang Daihatsu di wilayah Jateng dan DIY. Selain itu, Daihatsu juga terus melakukan pembinaan untuk siswa SMK dalam program Pintar Bersama Daihatsu.

"Sampai saat ini, sudah ada 77 SMK Mitra Binaan di program Pintar Bersama Daihatsu. Sebanyak 44 SMK di wilayah Jawa Tengah dan 33 SMK di wilayah Yogyakarta. Kami ingin menghadirkan dunia industri ke dunia pendidikan, begitu juga sebaliknya. Harapannya agar para siswa bisa mendapatkan bekal dasar untuk memasuki dunia kerja," pungkas Ferry.

Sementara itu, secara nasional,  sepanjang tahun 2022, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) melaporkan data penjualan nasional sebesar 188.660 unit atau meningkat sebesar 24,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di tahun 2021 Daihatsu mencatat angka penjualan diangka 151.107 unit. Tiga top model yang memberikan kontribusi terbesar adalah Sigra 47.066 unit, Gran Max 45.517 unit, dan Xenia 23.966 unit. (N-2)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Hampir Semua Kecamatan di Manado Alami Banjir dan Longsor

👤Amanda Komaling 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:25 WIB
Bencana banjir dan tanah longsor menerjang Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat pagi. Bandar Udara Samratulangi dan ruang VIP Pemprov Sulut...
Metro TV/Teguh Angga.

Mantan Anggota DPRD Langkat Tewas Ditembak

👤Teguh Angga 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:00 WIB
Atas kejadian itu, anak-istri Paino tak mampu membendung duka. Istri Paino terus menunjukkan muka kesedihan dan berkali-kali menangis...
MI/Widjajadi

Ratusan Anak TK Sambut Peresmian Solo Safari

👤Widjajadi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:14 WIB
Kawasan seluas 13,9 hektare (ha) itu menghadirkan lebih dari 347 individu satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya