Senin 16 Januari 2023, 18:07 WIB

Masyarakat Probolinggo Apresiasi Program Peduli Lingkungan Erick Thohir

mediaindonesia.com | Nusantara
Masyarakat Probolinggo Apresiasi Program Peduli Lingkungan Erick Thohir

dok.ist
Masyarakat Probolinggo membentuk relawan Konco Erick Thohir untuk bergerak melakukan aksi peduli lingkungan menanam magrove

 

MENTERI BUMN Erick Thohir terus mendapatkan dukungan dari masyarakat untuk maju di pemilihan presiden (pilpres) 2024. Sebab kepemimpinannya dinilai penuh dengan inovasi di Kementerian BUMN. Dukungan dari masyarakat lantaran inovasi energi baru terbarukan atau EBT.

“Pak Erick Thohir bisa memanfaatkan sekaligus melestarikan lingkungan Indonesia untuk kepentingan semua masyarakat. Seperti pemanfaatan energi baru terbarukan yakni panas bumi untuk mengaliri listrik dan berbagai hilirisasi yang dilakukan,” terang Tokoh Masyarakat Probolinggo, Nur Kamal.

Seperti diketahui, di masa kepemimpinan Erick Thohir, Kementerian BUMN banyak melakukan terobosan di dalam sektor hilirisasi sumber daya alam. Salah satu di antaranya adalah memanfaatkan panas bumi atau geothermal sebagai sumber penyediaan listrik.

Melalui panas bumi, Indonesia bisa mengalirkan 24 GW listrik. Namun, saat ini yang baru tergarap adalah 2,4 GW. Di samping bisa menjadi alternatif energi baru, pemanfaatan lingkungan ini juga menyimpan potensi untuk menggerakkan ekonomi dan memajukan Indonesia ke depannya.

Tak hanya itu, terdapat juga hilirisasi nikel menjadi bahan baterai listrik dan batu bara menjadi dimethyl ether (DME) atau gas. Hilirisasi ini bahkan memberikan banyak keuntungan untuk pendapatan negara.

Terbukti, dalam catatan Kementerian BUMN, pada tahun 2021 lalu nilai tambah dari hasil ekspor nikel melalui hilirisasi tembus 2600% atau menjadi US$ 27 miliar dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya yang hanya US$ 1 miliar. Sementara itu, hilirisasi batu bara menjadi DME masih terus berjalan hingga saat ini.

Hilirisasi tersebut diproyeksikan dapat mengurangi kebutuhan impor gas Indonesia yang setiap tahunnya mengeluarkan biaya sebesar Rp 70 triliun.

Maka dari itu, Kamal menyatakan Indonesia membutuhkan pemimpin cerdas yang bisa memanfaatkan potensi alam Indonesia seperti Erick Thohir. Ia optimis jika Eks Presiden Inter Milan tersebut menjadi pemimpin maka alam Indonesia akan dimanfaatkan secara optimal tanpa mengesampingkan sektor pelestarian.

“Menjaga alam tidak bisa sendirian, perlu keterlibatan berbagai pihak termasuk pemimpin bangsa selanjutnya. Karena itu kita butuh pemimpin yang peduli terhadap lingkungan seperti Pak Erick Thohir untuk menjadi pemimpin selanjutnya,” tuturnya.

Tambahan informasi, Kamal bersama puluhan masyarakat Probolinggo merealisasikan dukungannya dengan membentuk relawan Konco Erick Thohir. Anggota relawan ini diketahui terdiri dari masyarakat lintas profesi dan bergerak melakukan aksi peduli lingkungan untuk menghimpun dukungan yakni penanaman ratusan bibit Mangrove. (RO/OL-13)

Baca Juga: Erick Dinilai Mampu Bersihkan Tangan Kotor di PSSI

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Pusri Palembang Pastikan Kecukupan Stok Pupuk Subsidi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:30 WIB
PT Pusri memastikan pupuk subsidi baik urea maupun NPK tersedia melebihi dari alokasi atau kuota yang ditentukan...
Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Dukung Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Kabupaten Sijunjung Raih Penghargaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumbar, mendaftarkan pekerja rentan dan non-ASN di wilayahnya ke dalam perlindungan jaminan sosial...
MI/HO

PMII Ciputat Gelar Aksi Bersih di Perayaan 1 Abad NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Ali menambahkan, ide Aksi Jagat Bersih juga diambil dari slogan NU Satu Abad Merawat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya