Minggu 15 Januari 2023, 22:45 WIB

Antisipasi Erupsi Gunung Kerinci, Polda Jambi Siagakan Personel

mediaindonesia.com | Nusantara
Antisipasi Erupsi Gunung Kerinci, Polda Jambi Siagakan Personel

ANTARA
Aktivitas vulkanik Gunung Kerinci di Jambi yang saat ini bestatus waspada.

 

KEPOLISIAN Daerah Jambi menurunkan personelnya untuk mem-backup pemerintah Provinsi Jambi, TNI, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam kesiapsiagaan menghadapi erupsi Gunung Kerinci.

"Kita turut menerjunkan personel khususnya Polres Kerinci, Brimob dengan peralatan yang dimiliki Polri jika terjadi erupsi," kata Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di Jambi, Minggu (15/1).

Dia menegaskan, selain itu Polda Jambi juga menyiagakan personel di sekitar Gunung Kerinci yang mana dengan status gunung Kerinci saat ini sudah memasuki level II atau waspada.

Dia memastikan Polda Jambi siap ikut jika terjadi letusan Gunung  Kerinci.

"Kita siap membantu pemerintah dalam mengevaluasi masyarakat, namun kita berdoa agar tidak terjadi hal buruk pada gunung Kerinci," katanya.


Baca juga: Dua Pendaki Tersesat di Gunung Lamongan Berhasil Dievakuasi


Kapolda mengingatkan masyarakat sekitar untuk terus waspada dan selalu mendengarkan informasi mengenai Gunung Kerinci dari pemerintah dan petugas pemantau.

Saat ini, status Gunung Kerinci masih waspada level II, yang mana aktivitas Gunung Kerinci terus terjadi erupsi sepanjang minggu kedua Januari, Kamis (12/1) pukul 18.10 WIB dengan ketinggian abu mencapai 1.200 meter.

Sementara itu, pada Minggu (15/1) terpantau tidak ada aktivitas erupsi pada gunung Kerinci. Dari petugas pemantauan gunung api Kerinci menyebutkan jika hari ini gunung Kerinci tertutup kabut.
 
Pemerintah Provinsi Jambi saat ini sudah melakukan apel kesiapsiagaan erupsi Gunung Kerinci . Apel ini sebagai langkah-langkah antisipasi dalam rangka penyelamatan jiwa masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga siap memberikan bantuan masker kepada warga sekitar Kayu Aro Kerinci. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya