Minggu 15 Januari 2023, 22:33 WIB

Dua Pendaki Tersesat di Gunung Lamongan Berhasil Dievakuasi

mediaindonesia.com | Nusantara
Dua Pendaki Tersesat di Gunung Lamongan Berhasil Dievakuasi

DOK.PVMBG
Gunung Lamongan, Jawa Timur.

 

TIM Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengevakuasi dua pendaki asal Kabupaten Jember yang tersesat di Gunung Lamongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
"Mereka mendaki pada Sabtu (14/1) pukul 20.00 WIB, kemudian tersesat sekitar pukul 22.00 WIB," kata Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Dwi Nurcahyo dalam keterangannya di Lumajang, Minggu (15/1).
 
Kedua pendaki tersebut Ixora Fila Rajabi Duta Muhammad, 20, dan Elwin Sultan Alif Muhammad Bilhaqqi, 24, yang merupakan warga Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.
 
Pendaki itu dilaporkan mengalami dehidrasi dan kehabisan logistik saat melakukan pendakian di Gunung Lamongan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.
 
"Mereka merasa kehilangan jalur mendirikan tenda di tempat dan melaporkan diri kepada Pusdalops BPBD Jember, kemudian diteruskan kepada BPBD Kabupaten Lumajang," tuturnya.
 
Dia mengatakan laporan tersebut direspons Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang dengan menerjunkan tujuh personel untuk melakukan penyisiran di gunung yang memiliki ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut (mdpl).


Baca juga: Puncak Eigervaganza di Awal Tahun, Eiger Gulirkan Hadiah Mobil Listrik

 
"Beruntung kedua pendaki tersebut bertemu dengan rombongan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) SMAN Klakah, sehingga keduanya turun bersama," katanya.
 
Dwi mengatakan survivor tersebut berhasil dievakuasi dan mendapat pertolongan medis TRC BPBD Kabupaten Lumajang, sehingga kondisi
kesehatannya segera membaik dan pulih.
 
Ia mengimbau kepada para calon pendaki pemula yang akan melakukan pendakian untuk mempersiapkan secara matang segala kebutuhannya termasuk mental dan logistik.
 
"Persiapkan mental dan logistik yang cukup. Jangan mendaki sendiri kalau tidak pernah mendaki, cari pemandu untuk mengantar dan ikuti rambu dan petunjuk penjaga gunung," ujarnya.
 
Aktivitas Gunung Lamongan berdasarkan laporan tertulis petugas pada periode 14 Januari 2023 pukul 00.00-24.00 WIB secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut, dan asap kawah tidak teramati.
 
Pengamatan kegempaan tercatat satu kali gempa tektonik lokal dengan amplitudo 10 mm dan status gunung yang berada di Kabupaten Lumajang itu pada level 1 atau normal. (Ant/OL-16)

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:32 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta seluruh kepala desa (kades) untuk membuat inovasi langkah pengentasan kemiskinan yang ada di...
Ist

Kopnuspos Berbagi Kasih untuk Para Pensiunan di Kabupaten Belu, NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:29 WIB
Dalam kegiatan ini, dilaksanakan senam sehat pensiunan, pengundian doorprize dan pembagian sembako kepada 325 anggota pensiunan...
ANTARA/Ario Tanoto

Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:27 WIB
BMKG memprediksi sejumlah wilayah berpotensi mengalami kekeringan pertanian di bagian Indonesia Barat hingga Timur serta ancaman karhutla...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya