Jumat 13 Januari 2023, 20:50 WIB

Bangun Kawasan Perdesaan, OKU Fokus Benahi Pariwisata

Dwi Apriani | Nusantara
Bangun Kawasan Perdesaan, OKU Fokus Benahi Pariwisata

Ist
Ilustrasi desa wisata

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendukung program pembangunan kawasan perdesaan yang diusung Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, SA Supriono mengatakan pembangunan kawasan perdesaan (PKP) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berkonsep agrowisata.

"Sejumlah kepala desa mengusulkan untuk pengembangan agrowisata, selagi pembangunan itu bermuara pada kesejahteraan masyarakat maka kami dukung," ujarnya, Jumat (13/1).

Menurut Supriono, potensi yang ada di kawasan itu tidak hanya fisiknya saja dibangun menjadi ikon wisata, melainkan membangun SDM dan kemandirian ekonomi masyarakat desa. Supriono menegaskan, Pemprov Sumsel telah menginventarisir sejumlah wisata yang akan dijadikan objek pendukung.

Harapannya, akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat secara terstruktur. "Agrowisata bisa menjembatani pembangunan SDM masyarakat dengan tetap menonjolkan  kearifan lokal," katanya.

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, mengatakan saat ini pihaknya fokus pada pembangunan potensi agrowisata yang ada di Kecamatan Ulu Ogan. Potensi itu tersebar di Desa Mendingin, Ulak Lebar dan Desa Gunung Tiga yang memiliki potensi unggulan perkebunan kopi dan potensi wisata air terjun serta sumber air panas. Pihaknya akan mengintegrasikan agro wisata antarperdesaan.

"Kabupaten OKU merupakan pelopor dalam sektor wisata. Sudah ada tempat tempat wisata yang telah dikembangkan oleh masyarakat setempat. Didukung dengan suasana yang alami, dan keramahtamahan masyarakat setempat, Kabupaten OKU siap menyambut setiap wisatawan yang akan berkunjung," ujarnya.

Teddy mengungkapkan, tidak bisa dipungkiri bahwa akses jalan yang ada tidak memadai untuk menuju lokasi lokasi wisata. Untuk itu, Pemkab OKU juga berupaya mengembangkan sektor wisata yang ada serta berencana membuka akses jalan menuju tempat wisata guna memudahkan wisatawan.

"Selain itu, fasilitas lainnya juga akan dibenahi mulai dari toilet, tempat ibadah, dan lainnya. Kami optimis dengan kerja keras yang selalu diupayakan, mampu mewujudkan program yang telah direncanakan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Masih Merendam Kota Semarang

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:00 WIB
Bencana banjir masih merendam wilayah Kota  Semarang, sehingga warga tetap siaga apalagi diperkirakan cuaca ekstrem masih akan...
MI/Seno

Hakim Pengadilan Agama Dipecat karena Telantarkan Anak

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Ia dilaporkan karena melakukan poligami, tidak mengakui anak, tidak menafkahi anak dan tidak memberikan contoh sebagai hakim...
MI/Amiruddin A.R

Harimau Masuk Perangkap di Aceh Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:59 WIB
BKSDA Aceh menyatakan seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk kandang perangkap di kawasan Hutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya