Rabu 11 Januari 2023, 17:20 WIB

Dinilai Konsisten Tingkatkan Karakter dan Moral Bangsa, ESQ Dipuji Tokoh Jabar

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dinilai Konsisten Tingkatkan Karakter dan Moral Bangsa, ESQ Dipuji  Tokoh Jabar

Dok.esq
Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian bersama para tokoh Jabar pada acara Dialog Kebangsaan yang diadakan HD Sutrisno Institute di Bandung.

 

SEJUMLAH tokoh Jawa Barat mengapresiasi founder ESQ Ary Ginanjar Agustian yang secara konsisten berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya karakter dan moral bangsa melalui upaya perubahan secara mental, moral, dan spiritual. Menurut mereka, jarang hal itu dilakukan oleh seseorang atau organisasi.

"Saya terkesan dengan apa yang dilakukan  Pak Ary. Sungguh mengagumkan bisa bertahan dengan fondasi selama 20 tahun lebih secara konsisten," ujar Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Burhanudin Abdullah seusai mengikuti Dialog Kebangsaan yang diinisiasi HD Sutrisno Institute di Bandung, Selasa (10/1).

Baca juga: Polisi Lakukan Pengamanan Ketat Duel Persib vs Persija

Dalam kegiatan bertema 'Memperkuat Integrasi dan Karakter Bangsa Dalam Rangka Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan' itu, Ary Ginanjar dihadirkan sebagai narasumber. Menurut Burhanudin, Ary Ginanjar selalu melakukan segala upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya karakter dan moral bangsa.

"Saya mendukung upaya atau gerakan ini terus dilakukan agar Jawa Barat ke depannya menjadi provinsi yang lebih maju. Sehingga visi Indonesia emas 2045 akan tercapai," tegasnya.

Sebagai tuan rumah, Sutisno yang merupakan sesepuh Jawa Barat dan pendiri pasar induk Caringin, Bandung itu berharap ajang silaturahmi para tokoh itu dapat mempererat persaudaraan dan bersinergi memajukan karakter dan ekonomi bangsa. "Saya harap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi para tokoh atau pimpinan di Jabar khususnya. Saling mempererat persaudaraan serta bersinergi untuk memajukan karakter dan ekonomi Indonesia."

Selain itu, Direktur HD Sutisno Institute Agung Suryamal bersyukur bisa menghadirkan Ary Ginanjar sebagai narasumber. Baginya, pesan yang disampaikan Ary Ginanjar bisa menjadi pencerah bagi seluruh anak bangsa. "Apa yang disampaikan Pak Ary luar biasa bagus. Menjadi salah satu pencerah dan juga mempererat harmonisasi solidaritas di kalangan anak bangsa."

"Mudah-mudahan ke depan ESQ menjadi sebagai perekat bagi seluruh anak bangsa di Indonesia baik lintas golongan maupun lintas agama," sambungnya.

Senada, mantan Wagub Jabar, Nu’man Abdul Hakim mengatakan bahwa materi yang disampaikan Ary Ginanjar betul-betul penting karena dalam pandangannya, salah satu masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah membangun karakter.

"Salah satu kritik terhadap demokrasi yang disebut dengan democratic accountability adalah demokrasi itu harus memiliki moralitas, harus memiliki aAkhlak, harus memiliki nilai-nilai. Dan ini yang dibutuhkan sekarang, baik oleh rakyatnya, maupun oleh sistemnya maupun juga oleh konteks politiknya," ujar Nu'man.

"Kalau ini berjalan sebetulnya rakyat yang memilih dan pemimpi yang dipilihnya kedepan tahun 2024 tentu akan melahirkan pemimpin yang baik-baik, anggota parlemen yang baik-baik, money politik akan hilang, kejahatan politik juga akan hilang," lanjutnya.

Ia juga menyarankan agar pendidikan membangun karakter bisa masuk kurikulum pendidikan sekolah, dari mulai sekolah dasar sampai tingkat SMA. Karena menurutnya, karakter manusia intinya adalah jujur. Soal kepintaran adalah nomor dua. "Itulah pentingnya perkawinan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Saya kira tiga hal itu harus digabung menjadi karakter pembangunan bangsa kedepan."

Sementara itu, Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Noery Panji mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi para tokoh di Jabar yang sangat penting. Ia juga terkesan dengan penyampaian yang Ary Ginanjar dalam dialog kebangsaan itu.

"Ide dan pemikiran Pak Ary tentang penataan karakter dan penataan hati itu luar biasa. Saya kira setiap persoalan yang dianggap rumit, menjadi gampang dicerna saat disampaikan oleh Pak Ary," ujarnya. (RO/A-1)

Baca Juga

dok.ant

Polda NTT : Tak Ada Laporan Penculikan Anak di Kota Kupang

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:39 WIB
KABID Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Ariasandy memastikan tidak ada penculikan anak di wilayah Kota...
dok.ant

Sakit Hati Alasan Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Merampok

👤Faishol Taselan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:32 WIB
MOTIVASI mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur Samanhudi Anwar yang terlibat dalam perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar akhirnya...
MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya