Rabu 11 Januari 2023, 16:04 WIB

Sahabat SandiUno Tasikmalaya Gelar Pelatihan Budidaya Ikan

Adi Kristiadi | Nusantara
Sahabat SandiUno Tasikmalaya Gelar Pelatihan Budidaya Ikan

MI/Adi Kristiadi-HO
Sahabat SandiUno gelar pelatihan budidaya ikan di Villa Bumi Ambu, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (10/1/2023)

 

IKAN merupakan komoditas unggulan yang banyak diminati masyarakat. Untuk itu, Sahabat SandiUno menggelar pelatihan budidaya ikan nila dan pakan mandiri maggot sebagai bentuk mendorong produktivitas dalam memenuhi kebutuhan hingga terciptanya peluang usaha.

Ketua Sahabat SandiUno Tasikmalaya, Akaw mengatakan pelatihan ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dikarenakan budidaya ikan nila dapat diolah menjadi abon hingga minuman seperti cendol.

"Kami melakukan pelatihan mengenai budidaya perikanan dan pakan mandiri maggot, untuk memperdayakan masyarakat supaya mempunyai penghasilan dalam meningkatkan kehidupan menuju kemakmuran. Adapun beberapa hasil dari olahan ikan yaitu ada abon nila, ice cream nila, brownies nila, dan baso ikan," kata Akaw di Villa Bumi Ambu, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, kemarin.

Akaw menilai Sandiaga Uno figur penggerak ekonomi melalui program nyata. Sehingga pelatihan yang diberikan dapat menginspirasi untuk membuka peluang usaha dengan produk olahan ikan.

"Sandiaga merupakan tokoh penggerak ekonomi melalui pelatihan yang diberikan kepada masyarakat, khususnya di Tasikmalaya. Saya berharap olahan ikan ini, dapat menginspirasi dalam membuka peluang usaha baru," ujar Akaw.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Nia, 47, mengakui akan membuka usaha brownies ikan nila dalam waktu dekat. Menurutnya produk baru ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Saya merasa bangga mengikuti pelatihan budidaya ikan, karena ini dapat menjadi peluang usaha bagi saya untuk menciptakan produk inspirasi seperti borwnies yang terbuat dari ikan nila," tutur Nia.

Nia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan relawan Sahabat SandiUno. Ia pun menuturkan di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok membutuhkan penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian rumah tangga.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Sandi dan Pak Sandiaga Uno yang telah membuat program seperti ini, sehingga masyarakat di Tasikmalaya khususnya ibu-ibu berkeinginan memiliki pendapatan lebih tidak hanya dari suami," imbuhnya. (OL-13)

Baca Juga: Pebisnis Muda Bandung, Raita, Memulai dari SMA

Baca Juga

ANTARAFOTO/ Basri Marzuki

Sepuluh Penerbangan dari Sam Ratulangi Ditunda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:38 WIB
Hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado dan sekitarnya berdampak terhadap penerbangan di Bandara...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:06 WIB
Sejak beberapa pekan terakhir cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Baubau Meningkat Sepanjang 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:00 WIB
Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara, mencatat aktivitas bongkar muat kontainer mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya