Jumat 06 Januari 2023, 21:50 WIB

NasDem Kembangkan Ekosistem Pertanian di Karawang

Media Indonesia | Nusantara
 NasDem Kembangkan Ekosistem Pertanian di Karawang

Dok NasDem
Lahan di Karawang, Jawa Barat yang disiapkan sebagai tempat budi daya.

 

KOMITMEN membangun ekosistem pertanian tidak boleh cuma sebatas pada gagasan. Lahan seluas 17 Ha disiapkan untuk NasDem mengembangkan budi daya padi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

"Ini adalah survei ke daerah Karawang yang merupakan basis budi daya padi. Insyaallah Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, saya sebagai anggotanya akan terus mengimplementasikan peningkatan produktivitas dan kualitas budi daya padi di Karawang," kata Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem Ayep Zaki dalam keterangannya, Jumat (6/1). 

Ayep menerangkan lahan yang mencapai 17 hektare (ha) di Karawang, Jawa Barat itu akan langsung diimplementasikan pada tahun ini. Puncaknya NasDem ingin menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia dengan meningkatkan kualitas dan produktivitasnya. 

"Indonesia kalau ingin kuat di sektor pangan yang pertama adalah tingkatkan kualitas dan tingkatkan produktivitas dengan menggunakan teknologi yang ada hari ini," ujar Ayep. 

Ayep melanjutkan di bawah komando Ketua Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, Sulaeman L Hamzah, akan terus bekerja pada peningkatan produktivitas dan kualitas berbagai komoditas pangan di Indonesia mulai dari padi, jagung, dan kedelai (pajale) hingga buah-buahan lainnya. 

"Jadi padi akan difokuskan di Karawang untuk uji cobanya nanti secara otomatis para petani kalau sudah terbukti ada peningkatan paling tidak 20% dari sebelumnya. Dengan begitu secara otomatis seluruh petani akan mengikutinya dan petani akan ikut dengan pola-pola peningkatan kualitas maupun produktivitas," tambahnya. 

Ayep kembali menandaskan langkah NasDem bukan hanya wacana, bukan hanya berbagai pemikiran, bukan juga sebatas gagasan tapi terus implementatif di lapangan. Kedelai, jagung, dan sekarang padi di Karawang menjadi bukti valid.

Lebih jauh Ayep menambahkan untuk buah-buahan juga sudah berjalan, sedikitnya ada enam jenis pisang, pisang cavendish, pisang raja bulu, pisang mas, pisang barangan, dan pisang tanduk. Selain itu juga ada melon yang sudah produksi di Lampung dengan pola kemitraan dengan petani. 

"Kemudian jagung dan kedelai juga sama, tapi ini baru model-model skala kecil yang apabila terus dikerjakan kita akan kerjakan secara masif di berbagai wilayah seluruh Indonesia," pungkas bacaleg DPR RI dari Dapil Jawa Barat IV (Sukabumi Raya) ini. (RO/O-2)

Baca Juga

DOK. 123RF

Gempa Bermagnitudo 5,4 terjadi di Jayapura

👤Terry Leisubun 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:48 WIB
Aparat gabungan TNI/Polri dan instansi lainnya saat ini sedang membantu korban yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa...
ANTARA FOTO/Eric Ireng

Polisi Temukan 19.548 Liter Minyakita di Gudang Weleri Kendal

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:47 WIB
"Jumlah minyak goreng bersubsidi Minyakita tersimpan di gudang itu mencapai 19.548 liter atau 17,5 ton, sehingga terjadi kelangkaan di...
mediaindonesia.com/freepik

Jumlah Anak Pengidap Diabetes di Kota Semarang Naik 40 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:40 WIB
"Dibandingkan tahun 2021, jumlah anak mengidap diabetes pada tahun 2022 meningkat cukup besar, sehingga perlu penanganan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya