Rabu 04 Januari 2023, 19:59 WIB

Kapal Tongkang Batu Bara Terjebak Cuaca Buruk Di Perairan Sumenep

Mohammad Ghazi | Nusantara
Kapal Tongkang Batu Bara Terjebak Cuaca Buruk Di Perairan Sumenep

ANTARA
Ilustrasi

 

PULUHAN kapal tongkang pengangkut batu bara terpaksa lego jangkar di perairan Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akibat cuaca buruk. Tongkang lego jangkar bersama puluhan tug boat penariknya.

Menurut penduduk di pulau tersebut, kapal-kapal tongkang itu berada di Perairan Poteran sejak beberapa hari lalu. "Perairan ini memang sering dijadikan tempat berlindung kapal saat terjadi cuaca buruk," kata seorang tokoh masyarakat setempat, Mohammad Shalih, Rabu (4/1).

Menurut pengakuan kru tug boat saat mereka dikirim makanan oleh penduduk setempat, puluhan tongkang itu dalam perjalanan dari Banjarmasin dan hendak menuju PLTU Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Sementara itu, kondisi pelayaran dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep, masih dihentikan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat tidak mengeluarkan ijin bagi kapal yang akan berlayar dari pelabuhan tersebut.

Kepala KSOP Kalianget, Taufikur Rahman, mengatakan larangan berlayar tersebut berlaku untuk semua jenis kapal, termasuk kapal tradisional milik nelayan, kecuali kapal tradisional yang melayani penyeberangan pendek antara Kalianget-Pulau Poteran. "Perpanjangan penghentian pelayaran ini dilakukan karena kondisi cuaca di perairan Selat Madura dan Laut Jawa belum aman," kata Taufikur Rahman.

Berdasar rilis dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, jelas dia, ketinggian gelombang di Laut Jawa dan Selat Madura bisa mencapai 4 meter dengan kecepatan angin antara 9 sampai 21 knot. "Kondisi itu sangat berbahaya terutama bagi kapal-kapal berukuran kecil dan sedang," katanya. (OL-15) 
 

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya