Selasa 03 Januari 2023, 17:17 WIB

Bidik Pengunjung Libur Sekolah, Pengelola Wisata Lembang Buka Wahana Baru

Depi Gunawan | Nusantara
Bidik Pengunjung Libur Sekolah, Pengelola Wisata Lembang Buka Wahana Baru

MI/Depi
Pengunjung menikmati wahana objek wisata The Lodge Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Selasa (3/1).

 

PENGELOLA objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menargetkan kunjungan wisatawan meningkat selama masa liburan sekolah meski Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah usai. Sebab, periode libur sekolah masih panjang sampai dengan 8 Januari 2023.

Untuk memikat para pengunjung, pengelola objek wisata pun sudah menyiapkan wahana baru yang bisa dinikmati para wisatawan, termasuk beberapa wahana yang masih dalam tahap pembangunan.

Salah satunya di objek wisata The Lodge Maribaya, saat ini pihak pengelola tengah menyiapkan wahana baru bernama Hot Air Ballon yang rencananya bakal dibuka pada pertengahan pekan ini.

"Di kita total ada 27 wahana, untuk wahana baru akan dibuka Januari ini. Beberapa wahana memang jadi favorit di sini seperti zip bike, balon udara, mountain swing (ayunan)," kata Director of Marketing & Communications The Lodge Group, Puji Fauziah, di Lembang, Selasa (3/1).

Wahana baru ini mengadopsi balon udara seperti di kawasan wisata Cappadocia, Turki, yang baru dibangun pada akhir September 2022 lalu. Jadi, dengan menaiki balon udara ini pengunjung bisa menikmati panorama mengagumkan lanskap hamparan pohon pinus dari ketinggian.

Pihaknya optimistis pengunjung khususnya dari kalangan anak sekolah dan keluarga bisa meningkat lantaran beberapa wahana di Fairy Garden berada di dalam ruangan sehingga tidak menggangu aktivitas wisatawan apabila turun hujan.

"Harapan kita naik lagi sampai 70%, apalagi liburan sekolah masih panjang sampai 8 Januari mendatang," ujarnya.

Di tempat berbeda, objek wisata Farmhouse juga menyediakan wahana baru bernama Hobit Slide, wahana ini berupa perosotan dengan panjang 25 meter dan meluncur dari ketinggian 7 m.


Baca juga: Rayakan Pergantian Tahun, Front One Akshaya Premiere Hotel Karawang Hadirkan Konsep Carnival Bollywood


Wahana Hobit Slide yang baru dibuka sebelum perayaan libur Natal ini dapat dinaiki orang dewasa bahkan anak-anak. Sama seperti The Lodge Maribaya, dengan hadirnya wahana ini, pengelola Farmhouse juga membidik pengunjung pada momen liburan sekolah.

"Wahana-wahana yang disediakan di kita memang diperuntukkan bagi keluarga khususnya anak-anak. Mudah-mudahan di sisa libur awal 2023 jumlah pengunjung bisa naik," ucap Public Relation PT Perisai Group selaku pengelola objek wisata Farmhouse, Intania Setiati.

Diakuinya, selama periode libur Nataru, kunjungan wisata sangat terdampak cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah. Pengunjung objek wisata seperti Farmhouse dan The Great Asia Africa (TGAA) bukan didominasi wisatawan dari Jakarta.

"Memang ada dampak kunjungan wisata. Akibat cuaca buruk, wisatawan asal Jakarta berkurang, mungkin karena mereka memilih menunda bepergian melihat kondisi cuaca," tuturnya.

Justru pengunjung wisata lebih banyak berasal dari wilayah Jawa Tengah dan luar Pulau Jawa daripada dari Jabodetabek karena faktor cuaca buruk tadi.

"Kalau dilihat dari kunjungan yang masuk malah banyak dari Sumatera dan Jawa Tengah, Jawa Timur dan wisatawan lokal Jawa Barat. Meskipun ada kunjungan dari Jakarta tapi enggak sebanyak kunjungan normal," tambah Intan.

Sementara itu, titik kepadatan kendaraan di jalur Lembang sudah mulai berkurang seiring berakhirnya libur Nataru. Puncak arus balik wisatawan yang berkunjung ke kawasan Lembang terjadi pada Minggu (1/1) lalu. (OL-16)

 

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya