Minggu 01 Januari 2023, 21:44 WIB

Anies Baswedan Kunjungi Seniman Celah-Celah Langit Iman Soleh

Mediaindonesia.com | Nusantara
Anies Baswedan Kunjungi Seniman Celah-Celah Langit Iman Soleh

DOK Instagram.
Anies Baswedan dan Iman Soleh.

 

BEBERAPA hari lalu Anies Baswedan berkunjung ke rumah seniman Iman Soleh di Ledeng, Kota Bandung, Jawa Barat. Ini dilakukannya sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta.

Menurut Anies, Iman Soleh ialah inspirasi. "Beliau tidak saja menguasai aspek teknis seni, tetapi menjaga dan mengembangkan suatu ekosistem tumbuhnya seni," tutur calon presiden dari NasDem itu di akun resminya di Instagram, Minggu (1/1).

Mengunjungi Kang Iman dan keluarga, menurutnya, seperti menyelami lautan gagasan yang kaya dengan nuansa keindahan dan nuansa keberpihakan pada si lemah. Ia mengenal Iman oleh sastrawan Taufiq Ismail sekitar 2007-2008. Iman dinilai sebagai pembaca puisi terbaik. "Saat kang Iman baca puisi benar-benar memesona!" 

Keluarga Iman ialah keluarga seniman yang kesehariannya menyatu dengan masyarakat sekitar bersama komunitas seni bernama Celah Celah Langit. Seniman Sawung Jabo dulu memberi nama Celah-Celah Langit, karena tempat ini memang berada di tengah kampung padat penduduk, sehingga warga sekitar hanya bisa melihat langit dari celah-celah atap rumah yang saling berimpit. 

Baca juga: Anies Baswedan Kisahkan Perjuangan Nenek Ikut Kongres Perempuan 1928

Namun kemudian CCL kerap dipelesetkan jadi Central Culture Ledeng, pusat kebudayaan yang berlokasi di wilayah Ledeng, Bandung. CCL menjadi wadah atau kantong kebudayaan bagi masyarakat sekitar untuk berkesenian dan berekspresi secara bebas.

Saat bertugas di Kemendikbud, Anies sempat membuat program Belajar Bersama Maestro dan salah satu maestro yang dititipi pelajar SMA/SMK untuk nyantrik (belajar dan tinggal) ialah Iman dan CCL-nya. "Setiap kali mampir ke CCL selalu pulang dengan pembelajaran, dengan kenangan, dan rasa hormat pada semua yang menjaga kehidupan seni sebagai satu ekosistem," pungkas Anies. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya